“To Do List” Sebelum Mudik: Cek Kondisi Mobil

13 Jun 2017


Mudik bagaikan sebuah tradisi yang dilakukan setiap tahun, khususnya pada bulan Ramadan. Meski diakui sebagai tradisi, tak jarang orang lupa bahwa dibutuhkan persiapan khusus sebelum mudik tiba.

Padahal, persiapan matang adalah langkah yang penting sebelum berangkat dan pulang mudik. Apalagi bila Anda memilih menggunakan mobil pribadi. Pasalnya, risiko kendaraan rusak saat melalui perjalanan jauh mungkin saja terjadi.

Otomatis, mengecek kondisi mobil harus masuk pada nomor utama to do list alias daftar hal yang harus dilakukan sebelum mudik. Tentu saja ini dilakukan demi perjalanan mudik yang lancar dan perayaan Lebaran yang menyenangkan bersama keluarga.

Persiapan berguna untuk memastikan kondisi kendaraan Anda prima dalam menghadapi perjalanan panjang ke kampung halaman. Bagi Anda yang masih bingung harus memulai persiapan dari mana, ikuti panduan berikut.

Pengecekan pertama dapat dilakukan pada mesin karena inilah komponen vitalnya. Perhatikan kondisi sistem bahan bakar, pengapian, dan udara. Bersihkan filter udara sebelum melakukan perjalanan jauh. Sistem bahan bakar pun perlu dirawat agar suplai bahan bakar lebih lancar.

Selanjutnya, sistem pengapian, seperti busi, juga wajib dicek. Apabila kondisinya sudah buruk, segera ganti dengan yang baru.

Usai mengecek kondisi mesin, lanjutkan memeriksa air radiator yang berfungsi mengatur suhu kendaraan. Selain itu, pastikan penyemprot kaca dan wiper berfungsi dengan sempurna. Wiper dan penyemprot kaca yang tak berfungsi saat hujan berbahaya bagi perjalanan Anda. Jangan lupa juga cek kondisi ban. Siapkan juga ban cadangan dan peralatan dongkrak untuk mengganti ban.

Yang terakhir dan tak kalah penting, periksa keadaan lampu mobil Anda. Bila nyalanya redup, gantilah dengan yang baru. Sebab, Anda membutuhkan cahaya yang terang saat malam tiba.


sumber: otomotif.kompas.com