10 Fakta Menakjubkan Tentang Rokok

31 May 2016

Dalam memperingati hari tanpa tembakau sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2016. Inilah fakta-fakta menakjubkan tentang rokok yang perlu Anda ketahui.

1. Rokok merupakan salah satu industri terbesar di dunia, hal ini terbukti karena sekitar lebih dari 1 triliun batang rokok terjual setiap tahunnya dengan nilai penjualan mencapai lebih dari $400 miliar.

2. Pada sebagian besar negara di seluruh dunia, usia legal untuk pembelian produk tembakau saat ini adalah 18 tahun (sebelumnya 16 tahun) sedangkan di Jepang minimum usia legal adalah 20 tahun.

3. Rokok mengandung arsenik, formaldehyde, lead, hidrogen sianida, oksida nitrogen, karbon monoksida, amonia dan 43 jenis karsinogen yang telah dikenal.

4. Perlu diketahui nikotin mencapai otak dalam waktu 10 detik setelah asap dihirup.

5. Menurut para ilmuwan rata-rata perokok akan kehilangan 14 tahun dari hidup mereka karena merokok.

6. Kampanye larangan merokok diberbagai Negara telah dilakukan untuk menghentikan orang merokok di depan umum. Akibatnya, banyak usaha telah mengklaim penurunan yang signifikan dalam jumlah orang yang pergi ke pub, bar dan restoran

7. Sistem kekebalan tubuh perokok harus bekerja lebih keras setiap hari dibandingkan non-perokok. Akibatnya, darah perokok akan mengandung kurang antioksidan, meskipun sistem kekebalan perokok mungkin lebih cepat tanggap terhadap serangan virus karena sifatnya yang lebih aktif.

8. Para perokok akan merasakan efek seperti ketenangan, relaksasi, kewaspadaan, stimulasi, konsentrasi dan banyak lagi lainnya. Bahkan, merokok akan menghasilkan efek yang berbeda pada setiap individu tergantung pada harapan perokok. Perokok akan menggunakan harapan-harapan tersebut sebagai sarana untuk melanjutkan kebiasaannya itu.

9. Rokok dapat berisi lebih dari 4.000 bahan, yang ketika dibakar, juga dapat menghasilkan lebih dari 200 ‘senyawa’ bahan kimia. Banyak dari senyawa tersebut telah dikaitkan dengan kerusakan paru-paru.

10. Pada orang dewasa, perokok pasif dapat menyebabkan penyakit jantung dan pernapasan yang serius, termasuk penyakit jantung koroner dan kanker paru-paru. Bayi yang menjadi perokok pasif dapat menyebabkan kematian mendadak dan pada wanita hamil akan menyebabkan berat lahir bayi yang rendah.