10 Tips Merawat Rambut Sehat

28 Nov 2015

Ketika Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan atau urusan rumah tangga, dan tak memiliki waktu untuk merawat rambut. Padahal, rambut adalah mahkota setiap wanita yang penting untuk dijaga agar dapat menambah rasa percaya diri Anda. Berikut adalah tips yang perlu diperhatikan untuk menjaga kilau rambut Anda:

1.  Trim atau rapikan rambut Anda 4-6 minggu sekali untuk membuang ujungnya yang kering dan pecah-pecah.

2.  Gunakan sampo khusus untuk rambut yang diwarnai. Hindari menggosok rambut terlalu keras saat keramas, dan minimalkan penggunaannya. Misalnya keramaslah 2-3 hari sekali.

3.  Gunakan conditioner khusus untuk rambut dicat. Fokuskan pada bagian ujung rambut dan bilas hingga bersih.

4.  Gunakan sisir bergerigi jarang untuk meminimalkan kerusakan rambut.

5.  Gunakan hair dryer hanya saat rambut hampir kering. Semakin panas dan lama Anda menggunakan hair dryer, akan menambah risiko rusaknya kutikel rambut.

6.  Gunakan hair dryer dan sisir saat menata rambut, hindari hot roller dan curling iron.

7.  Minimalkan penggunaan produk styling, seperti mousse, gel dan hair spray, karena dapat memudarkan kilau rambut.

8.  Hindarkan rambut dari zat kaporit. Misalnya sebelum berenang basahi dulu rambut. Setelah usai berenang, bilaslah sebersih mungkin. Hindari juga sinar matahari langsung.

9.  Jangan lakukan pelurusan atau pengeritingan setelah rambut dicat, karena proses kimia yang berulang-ulang akan menyebabkan kerusakan fatal pada rambut.

10.  Gunakan produk-produk perawatan untuk mencegah rambut rontok, misalnya vitamin atau serum khusus untuk menguatkan akar rambut.