10 Tips Untuk Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman

08 Jun 2018

Mau tahu cara agar mudik dengan kendaraan pribadi tahun ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan selamat di tujuan? Berikut tipsnya!

1. Tidak Melebihi Kapasitas
Agar nyaman dan selamat, hindari mengangkut penumpang dan barang melebih kapasitas kendaraan. Jika kelebihan beban, maka keselamatan penumpang yang menjadi taruhan.

2. Bawa Uang Tunai yang Cukup
Selama perjalanan mudik, kita tidak akan tahu apakah akan bertemu ATM atau tidak di sepanjang jalan. Sebab itu, siapakan uang tunai, karena tidak semua toko menyediakan mesin debit dan kartu kredit.

3. Bawa Makanan & Minuman Cukup
Membawa makanan dan minuman cukup selama perjalanan juga penting. Sebab, kita belum tentu menemukan minimart, sehingga disarankan untuk menyiapkan makanan ringan hingga makanan agak berat seperti roti.

4. Aplikasi GPS/Peta Mudik
GPS di smartphone kita juga penting untuk mengecek kemacetan hingga jalan alternatif lainnya. Bawa juga peta jalur mudik yang banyak disediakan untuk mengecek info jalur mudik hingga rest area.

5. Baterai dan pulsa
Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon tidak bisa digunakan.

6. Kondisi tubuh
Ini yang terpenting dan wajib disiapkan sebelum keberangkatan, kondisi badan juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh.

7. Istirahat Sebentar Jika Lelah
Perjalanan yang jauh dan macet sudah pasti akan membuat kita kelelahan menyetir, maka jangan memaksakan. Istirahat sejenak di rest area atau pom bensin terdekat. Mengantuk dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain juga.

8. Menyiapkan Perkakas & P3K
Pastikan juga tidak ketinggalan membawa perkakas & kotak P3k. Barang ini cukup penting untuk keselamatan perjalanan mobil dan juga kesehatan diri sendiri dan seluruh penumpang.

9. Hiburan
Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin Anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3, atau buku biasanya menjadi teman setia dalam perjalanan.

10. Periksa Kondisi Mobil
Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengecek kondisi mobil. Umumnya, seminggu sebelum Lebaran, sudah banyak orang yang mengecek mobilnya ke bengkel. Periksa bagian mobil pada mesin, rem, oli, roda, dan air bag sebelum berangkat.

Sebelum mudik, percayakan servis dan perawatan kendaraan Anda di Auto eXhibition Center (AXC), Jl.Bulevar Timur, Summarecon Bekasi!
Telp: 021 2851 9513.
www.summareconbekasi.com