11 Makanan Ini Membuang Racun Hati dengan Cepat

13 Jul 2016

Tanpa disadari setiap hari tubuh menyerap berbagai zat berbahaya seperti racun melalui makanan, air, udara, dan lainnya. Racun dapat menumpuk di beberapa organ dalam tubuh kita seperti usus, ginjal, dan terutama hati. Dan parahnya, jika racun bertumpuk di hati dapat mengurangi penyerapan nutrisi, karbohidrat, oksigen, dan protein dalam tubuh.

Perut kembung, nyeri di bawah tulang rusuk, sulit mencerna makanan berlemak, keringat yang berlebihan, jerawat atau gatal kulit, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan bahkan depresi, merupakan gejala banyaknya racun dalam hati yang perlu diantisipasi dalam menjaga kesehatan tubuh.

Berikut makanan dan minuman yang bisa membuang racun dalam hati Anda dengan cepat seperti dilansir PR Online dari situs boldsky.com:

Bit dan wortel

Sayuran ini sangat tinggi beta-karoten dan flavonoid yang dapat membantu merangsang dan meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan.

Jeruk Bali merah (Grapefruit)

Segelas jus jeruk tidak hanya menyegarkan, tapi juga sangat membantu dalam meningkatkan produksi enzim hati-detoksifikasi dalam tubuh Anda.

Sayuran berdaun hijau

Kehadiran klorofil atau zat hijau daun di dalamnya membuat sayuran hijau dapat menyerap racun yang bersarang di hati, juga meningkatkan produksi empedu dan menurunkan beban pada hati.

Apel

Buah ini mengandung pektin dan bahan kimia lainnya yang penting dalam pembersihan dan melepaskan racun dari saluran pencernaan.

Teh Hijau

Zat tanaman antioksidan seperti katekin yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu fungsi hati Anda menjadi lebih baik dalam bekerja.

Bawang putih

Meskipun baunnya sangat menyengat, namun bawang putih memiliki kemampuan untuk mengaktifkan enzim hati yang membantu tubuh Anda membuang racun, sehingga membersihkan hati Anda.

Kunyit

Selain merupakan rempah-rempah penting yang digunakan di hampir semua hidangan masakan, kunyit juga membantu meningkatkan detoksifikasi hati dengan membantu enzim yang aktif untuk membuang zat karsinogen.

Lemon

Buah-buahan yang termasuk jenis citrus seperti lemon dan limau, yang tinggi vitamin C dan antioksidan, dapat meningkatkan produksi enzim detoksifikasi hati dan meningkatkan proses pembersihan alami dari hati.

Kacang Kenari (Walnuts)

Jenis kacang yang satu ini merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 dan asam amino arginin, yang mendukung hati dalam pembersihan racun, terutama ketika detoksifikasi amonia.

Kubis atau kol

Makan kubis atau kol juga membantu dalam merangsang aktivasi dua enzim detoksifikasi hati, yang membantu membuang racun.

Minyak Zaitun

Manfaat dari minyak ini sangat banyak, salah satunya membantu menghisap racun berbahaya sehingga membantu dalam proses detoksifikasi hati agar terhindar dari berbagai penyakit