3 Manfaat Main Sepatu Roda

06 Feb 2016

Bermain sepatu roda adalah permainan yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun tahukah Anda menurut situs LiveStrong, ada banyak keuntungan kesehatan yang akan Anda dapatkan dengan bermain in-line skates. Simak hal berikut:

Jantung menjadi sehat

Sebagai kegiatan aerobik bermain in-line skates meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. In-line skates membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, misalnya tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

Membakar lebih banyak kalori

Latihan aerobik seperti in-line skates membakar lebih banyak kalori daripada latihan anaerobik, seperti angkat besi. Orang dengan berat badan 70 kg dapat membakar 913 kalori per satu jam bila bermain in-line skates. Bandingkan dengan 8 km dalam satu joging yang hanya membakar 584 kalori atau hanya 277 kalori untuk jalan sepanjang 5,5 km per jam.

Keseimbangan dan koordinasi tubuh

In-line skates membantu memperbaiki keseimbangan dan koordinasi tubuh, sehingga akan mencegah Anda mudah jatuh dan cedera. Banyak faktor yang berkontribusi pada keseimbangan dan koordinasi yang buruk, termasuk cedera pada persendian/ligamen/tendon/otot, usia yang menua, dan penyakit seperti artritis dan osteoporosis. Menambah in-line skates dalam program latihan akan menjadi cara yang menyenangkan untuk melatih koordinasi.

Perhatian:

-  Jika Anda belum pernah bermain sepatu roda sebelumnya atau memiliki kondisi medis seperti osteoporosis, artritis, diabetes, sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu ke dokter sebelum bermain sepatu roda dengan niat untuk meningkatkan kebugaran.

-  Hindari bermain di jalan raya sampai Anda sudah mahir. Cobalah bermain di taman yang jauh dari jalan raya atau di jalan depan rumah.

-  Selalu cek kondisi sepatu roda sebelum dipakai. Pastikan rodanya tidak ada yang aus.

-  Selalu memakai perlatan keselamatan, yakni helm serta pelindung siku dan lutut.