3 Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat

19 Nov 2015

Ban adalah salah satu komponen yang memegang peranan penting bagi kendaraan. Ban yang tepat akan memberikan kenyamanan dan tingkat keamanan tinggi ketika Anda berkendara. Sebelum mendapatkan ban yang tepat untuk kendaraan Anda, diperlukan pengetahuan mengenai kode bahasa yang tertera pada sebuah produk ban. Berikut adalah tips yang dapat digunakan untuk membantu menemukan ban yang tepat untuk mobil Anda:

Tipe dan ukuran ban

Tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan untuk mobil Anda pada umumnya tertera pada plakat yang ada di pintu atau laci, di belakang tutup tangki bahan bakar atau pada petunjuk penggunaan. Sebagai contoh ban dengan kode P195/55/R15 84V. Huruf 'P' adalah singkatan dari Passenger yang berarti bahwa ban tersebut didesain untuk mobil penumpang. Selain itu ada pula kode LT (Light Truck), kode ST (special trailer) serta kode T yang berarti Temporary atau ban serep. Huruf 'R' berarti bahwa ban tersebut berjenis Radial. Kemudian ukuran ban disimbolkan dengan angka di belakang huruf 'R'.

Lebar ban

Anda juga perlu memperhatikan lebar ban dengan seksama. Semakin lebar ban maka daya cengkramnya akan semakin baik. Akan tetapi, ban yang terlalu lebar akan mempengaruhi akselerasi.

Pola tapak ban

Selain lebar, pola tapak juga akan berpengaruh kepada daya cengkram dan akselerasi. Alur normal pada umumnya memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik, akan tetapi jika Anda tinggal di daerah yang memiliki curah hujan cukup tinggi, disarankan untuk memilih ban dengan alur V karena pola tapak ban ini mampu memberikan daya cengkram yang lebih baik ketika melintasi genangan air.

Yuk kunjungi AXC Summarecon Bekasi Lokasi