4 Khasiat Jahe Untuk Terapi

09 Apr 2016

Jahe memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Seperti dilansir Menshealth, Jahe bisa Anda gunakan sebagai obat alami untuk mual, nyeri sendi, daya tahan tubuh hingga pemacu metabolisme. Simak hal berikut.

Mual. Untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan, Anda bisa memanfaatkan zat aktif jahe. Cukup dengan mengonsumsi ½ sdt jahe bubuk atau 1 potong kecil rimpang jahe yang dimemarkan, kemudian dilarutkan dalam ½ cangkir air mendidih. Anda boleh membubuhi dengan madu atau gula merah untuk menambah kaya citarasanya.

Nyeri sendi. Atasi rasa nyeri dan pembengkakan pada persendian (rematik) dengan mengonsumsi 2½ sdt jahe parut per hari secara terus-menerus, sedikitnya selama 3 bulan. Konsumsi dalam sehari bisa dibagi menjadi 3 kali makan.

Daya tahan. Dengan meminum teh jahe (ginger tea) secara teratur, maka efeknya akan menyegarkan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Cara membuatnya juga mudah. Anda hanya perlu menyampurkan satu potong kecil jahe yang dimemarkan atau ½ sdt jahe bubuk setiap kali Anda menyeduh secangkir teh. Nikmati satu kali sehari, dan buktikan hasilnya.

Pacu metabolisme. Selain olahraga, senyawa aktif tertentu dalam makanan juga bisa memacu sistem metabolisme tubuh sehingga membuat Anda lebih mudah mengontrol berat badan. Contoh makanan tersebut adalah merica (mengandung piperin), cabe rawit (mengandung kapsaisin), dan jahe (mengandung gingerol). Untuk itu, jangan ragu membubuhkan jahe ke dalam bumbu masakan, jus buah, kue, maupun cangkir teh Anda. Namun tentu saja, Anda tetap menjaga pola makan sehat dengan tidak seenaknya mengonsumsi makanan berkalori tinggi secara berlebihan.