5 Cara Jitu Mengubah Ruangan Kecil Tampak Lebih Besar

15 Jun 2016

Sekarang ini, banyak orang lebih memilih untuk membangun rumah kecil atau yang biasa disebut dengan rumah minimalis. Hal ini dikarenakan terbatasnya lahan tanah di Jakarta untuk membangun rumah. Alhasil, tidak semua orang dapat membangun rumah yang besar dan luas sesuai harapannya.

Tentu ada perbedaan yang cukup jelas antara rumah yang luas dengan rumah yang kecil atau minimalis. Dengan kondisi rumah yang luas, pemilik rumah sangat leluasa dalam menata perabot rumah dan tidak dipusingkan dengan pengaturan ruang.

Lain halnya dengan kondisi rumah yang kecil. Penghuni di rumah ini mungkin pernah mengalami masa-masa tidak nyaman, cemas dan ingin meninggalkan ruang ketika masuk ke dalam sebuah ruangan yang kecil. Terkadang, desain interior ruanganlah yang menyebabkan Anda merasa seperti itu.

Jangan stres. Anda dapat membuat perubahan di desain interior dan perabot rumah agar memiliki pengaruh yang positif salah satunya membuat ruang kecil di rumah tampak lebih besar. Berikut lima cara sederhananya.

Penempatan Cermin

Cermin merupakan sahabat yang baik untuk ruang kecil. Dikarenakan cermin memantulkan cahaya ke seluruh ruangan sehingga membantu untuk mencerahkan, terlebih membuat ruangan terasa lebih besar. Untuk hasil terbaik, gantunglah cermin di seberang jendela. Hal ini akan memaksimalkan pantulan cahaya ke dalam ruangan. Titik lain yang tak kalah baiknya adalah seberang pintu. Hal ini akan memberikan persepsi ruangan menjadi lebih lebar.

Tambahan Tirai

Pasanglah tirai di beberapa ruangan dalam rumah yang terlihat sempit. Cara yang tepat dalam pemasangan tirai di ruang yang sempit adalah dengan membuatnya tergantung. Dengan cara ini dapat membuat ruangan kecil terlihat lebih besar. Bila memungkinkan, gantunglah batang tirai mendekati langit-langit. Ini membuat mata Anda menarik ke atas dan secara psikologis membuat kesan ruangan kecil merasa lebih besar. Tip lain, gunakan batang tirai yang lebih panjang, melewati lebar jendela. Ketika tirai terbuka maka cahaya matahari akan terungkap maksimun. Ruangan dengan pencahayaan alami mampu membuat pemandangan mata terlihat lebih luas.

Hitam atau Putih, Bukan Abu-Abu

Untuk ruangan kecil, pemilihan warna dinding sangatlah penting. Warna terbaik untuk ruangan kecil adalah dinding dengan warna sangat terang atau sangat gelap, jangan abu-abu. Dinding warna terang bekerja dengan baik untuk ruangan kecil karena akan membuat ruangan terasa terang dan terbuka layaknya museum seni. Tetapi, itu bukanlah pilihan satu-satunya. Dinding warna gelap juga membuat ruang kecil tampak lebih besar. Jika Anda mempunyai cahaya alami yang sangat baik di ruangan yang gelap, maka itu dapat menjadi poin luar biasa di ruangan yang kecil.

Jangan Terlalu Banyak Furniture

Di ruangan yang kecil, jangan pernah menempatkan banyak aksesoris. Terlalu banyak perabot di dalam ruangan kecil hanya akan menunjukkan fakta bahwa ruangan tersebut benar-benar kecil. Hilangkan perabot yang tidak penting. Demikian halnya dengan dinding, tempatkan hanya satu hiasan yang menjadi focal point  di dalam ruangan.

Ukuran yang Besar Pilihan yang Tepat

Pemasangan karya seni dengan ukuran besar sangat baik untuk sebuah ruangan yang kecil. Ini dapat menjadi fokus utama dalam ruangan. Adanya aksesoris yang besar dapat mengalihkan perhatian Anda dari ukuran kecil sebuah ruang.

Semoga cara sederhana ini dapat membantu memperluas ruangan kecil Anda ya.


sumber