5 Langkah Pertolongan Pertama Pada Mobil Terendam

17 Mar 2016

Hujan yang terus mengguyur di berbagai wilayah menyebabkan timbulnya banjir di sebagian besar ruas jalan. Lalu bagaimana jika mobil Anda sampai terendam air banjir? Dilansir mobilwow.com langkah pencegahan (preventif) berikut ini mungkin berguna untuk mobil kesayangan Anda sehingga dapat mengurangi tingkat kerusakan berat.

1. Segera lepaskan kabel negatif aki (accu), hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek (korsleting) dari arus listrik yg dapat merusak komponen elektronik di dalamnya.

2. Jika memungkinkan untuk memindahkannya, lakukan dengan cara mendorong, jangan coba coba untuk menyalakan mesin karena dapat menyebabkan adanya konsleting dan air banjir akan terhisap masuk ke dalam mesin.

3. Segera non aktifkan rem parkir lalu gunakan batu atau masukkan perseneling ke gigi 1 (manual) atau posisi P (matic)  untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.

4. Cek semua oli atau pun minyak, baik itu mesin, transmisi, dan lainnya  karena kemungkinan oli atau minyak tersebut sudah tercampur air, jadi sebaiknya kuras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru.

5. Jika kendaraan Anda masih memungkinkan untuk dikendarai, silahkan segera dibawa ke dealer resmi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut karena kendaraan yang sudah menggunakan ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir

Kondisi kendaraan yang terendam banjir pastinya akan mengalami kerusakan, tapi dengan tips di atas, kondisi mobil bisa lebih baik dan setidaknya terhindar dari kerusakan secara total sehingga tidak  mengalami kerugian yang sangat banyak.