5 Manfaat Berenang Untuk Tubuh

02 Jan 2016

Berenang merupakan salah satu kegiatan olahraga yang hampir disenangi oleh semua orang. Pasalnya olahraga satu ini melibatkan pergerakan seluruh otot pada bagian tubuh yang dipercaya memiliki begitu banyak manfaat. Nah kira-kira apa saja sih manfaat yang akan Anda dapatkan dengan olahraga renang. Berikut 5 manfaat berenang untuk tubuh :

1.  Menjaga Berat Badan Ideal

Ini hal pertama yang menjadi kabar baik bagi semua orang. Renang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga cukup ampuh untuk menjaga berat badan ideal Anda. Faktanya berenang selama satu jam Anda dapat membakar 100-200 kalori, tentu saja dengan pertimbangan seberapa efisien anda berenang. Kalori yang dibakar tergantung dengan rutinitas latihan anda, semakin anda rutin maka renang bisa membakar kalori lebih efektif dibandingkan dengan olahraga lain seperti bersepeda.

2.  Membentuk dan Menguatkan Otot

Selain dapat menjaga berat badan. Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya adalah dapat menguatkan otot-otot di dalam tubuh, salah satunya adalah otot triceps. Bahkan peningkatan massa otot triceps ini dapat mencapai 23,8% apabila rutin berenang dalam delapan minggu atau lebih.

3.  Baik Untuk Kesehatan Jantung

Olahraga renang juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan jantung. Renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya keseluruh bagian tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa/stroke volume sebesar 18 %.

4.  Tinggi Badan Bertambah

Berenang dapat membantu Anda menambah tinggi badan yang Anda idamkan. Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi. Hal ini tentunya bagi Anda yang masih dalam masa pertumbuhan.

5.  Membuat Tubuh Rileks

Ketika Anda sedang jenuh dengan segala rutinitas kerja Anda, dengan berenang di kolam dan menikmati waktu santai adalah hal yang baik untuk Anda menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Ketenangan di dalam air cukup bagus untuk kesehatan mental dan melepaskan tegangan otot atau sendi Anda sehingga badan akan merasa lebih fit dan bugar kembali.