5 Manfaat Olahraga Basket Bagi Kesehatan

30 Jan 2016

Basket adalah salah satu olahraga yang popular di dunia. Permainannya yang cepat dan saling bersaing ketat dalam perebutan bola membuat olahraga yang satu ini terlihat seru dan sangat kompetitif. Namun tahukah Anda bermain basket secara teratur dapat memberikan Anda sejumlah manfaat kesehatan, simak hal berikut:

  1. Tubuh Tetap Fit
    Basket adalah olahraga yang baik untuk dimainkan demi kebugaran tubuh. Aktivitas seperti handling bola dan dribbling, meningkatkan keterampilan motorik Anda. Karena pemain harus bekerja dengan tangan, kaki, dan mata dalam koordinasi yang erat, bermain basket membantu Anda meningkatkan keterampilan koordinasi Anda.
  2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular
    Basket adalah permainan cepat yang melibatkan banyak lari, dribbling, berbalik cepat, passing, melompat, dan melempar. Sehingga basket dapat berfungsi sebagai latihan kardiovaskular yang efektif, yang mempercepat pernapasan dan meningkatkan pasokan darah beroksigen ke otot-otot tubuh. Dengan demikian, bermain basket dapat menjaga jantung Anda sehat, menjauhkan penyakit-penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi.
  3. Mengembangkan Kekuatan Otot
    Basket adalah olahraga dengan kontak fisik yang intensif. Lari terus menerus di lapangan menggunakan semua otot utama di kaki, termasuk otot betis, paha belakang, paha depan, dan gluteus maximus. Basket merupakan salah satu permainan terberat, latihan yang intens menyebabkan otot dapat menjadi lebih kuat. Shooting memperkuat otot-otot tubuh bagian atas dan lengan, termasuk bisep dan otot-otot dada. Basket adalah latihan inti tubuh yang efektif.
  4. Meningkatkan Stamina dan Membangun Ketahanan Tubuh
    Daya tahan didefinisikan sebagai kemampuan tubuh untuk tetap aktif untuk jangka waktu yang lebih lama. Selama hari-hari awal Anda bermain basket, Anda mungkin akan menemukan diri Anda selalu kekurangan energi. Tetapi dengan latihan teratur, Anda dapat mengembangkan daya tahan dan meningkatkan stamina Anda. Basket menantang pemain untuk mendorong diri mereka, dan semakin lama Anda bermain, semakin kuat Anda menjadi.
  5. Membantu Anda Menurunkan Berat Badan
    Basket adalah olahraga cepat, dan melibatkan banyak gerakan cepat dan tajam, belum lagi berlarian. Ini membantu membakar kalori dan membuat Anda tetap fit. Rata-rata pemain berlari 4 sampai 5 mil selama satu jam bermain. Bahkan, riset telah menunjukkan bahwa sesi intens basket dapat membantu Anda membakar 650-750 kalori per jam.




Sumber