5 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Tubuh

13 Feb 2016


Di dunia sekarang ini yang menuntut Anda untuk serba cepat dalam mengerjakan sesuatu membuat Anda lupa atau bahkan sengaja melewatkan waktu sarapan agar dapat terus bekerja mengejar target. Namun tahukah Anda sarapan pagi memiliki manfaat penting bagi tubuh untuk menjaga tubuh sepanjang hari. Berikut 5 manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh:

1. Memberikan energi lebih
Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.

2. Menyegarkan otak

Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak Anda dapat berpikir lebih baik dan cepat. Selain itu sarapan pagi juga meningkatkan konsentrasi.

3. Mencegah penyakit Maag
Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.

4. Menyehatkan tubuh
Sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang. Selain itu, sarapan secara rutin juga bisa mengecilkan lingkar pinggang hingga 5cm. Satu hal yang perlu diperhatikan, porsi sarapan hendaknya tidak terlalu banyak, karena dapat mengganggu aktivitas.

5. Menghindari makan tak terkontrol

Sarapan pagi menghindarkan Anda dari rasa lapar berlebih. Jika tidak sarapan, yang terjadi adalah rasa lapar mengakibatkan porsi makan siang menjadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak camilan. Dari camilan-camilan inilah dapat menyebabkan kegemukan.