5 Tempat Wisata Di Gambar Mata Uang Rupiah

07 Jun 2016

Apakah anda memiliki hobi travelling? Namun sadarkah Anda jika gambar di lembaran uang kertas yang Anda genggam gunakan saat berliburan dapat menjadi referensi untuk destinasi selanjutnya? Pemandangan yang terdapat di lembaran rupiah ini menunjukkan sejumlah keindahan Indonesia. Berikut 5 tempat wisata di Indonesia yang terdapat pada mata uang rupiah.

1. Pulau Tidore dan Pulau Maitara

Keindahan pulau yang terdapat di daerah Indonesia Timur ini telah sering Anda lihat di lembaran uang kertas Rp. 1.000. Desain uang ini telah ada sejak 15 tahun lalu dan masih bertahan hingga saat ini. Pulau Tidore dan Pulau Maitara merupakan pulau yang menarik untuk dikunjungi di Ternate. Lokasinya dapat dijangkau dengan menyeberang menggunakan perahu cepat dari pelabuhan Bastiong sekitar 10 menit.

2. Danau Kelimutu, Ende

Lembaran kertas uang Rp. 5.000 dengan desain Danau Kalimutu bertahan selama 9 tahun dari tahun 1992.  Kemudian pada tahun 2001 diganti dengan desain Tuanku Imam Bonjol dan Pengrajin Tenun Pandai Sikek yang belum tergantikan hingga saat ini. Danau yang terletak di puncak gunung Kalimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini terkenal karena menampilkan 3 warna yaitu biru, merah dan putih yang dapat berubah sewaktu-waktu.

3. Candi Prambanan, Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata yang terdapat di Sleman, Yogyakarta ini. Keindahan Candi Prambanan dapat terlihat pada uang pecahan Rp 10.000 pada tahun 1979 dan bertahan selama 6 tahun. Candi Prambanan merupakan salah satu candi yang wajib masuk daftar urutan untuk dikunjungi ketika Anda sedang di Yogyakarta.

4. Rumah Limas, Museum Balaputera Dewa, Palembang

Desain gambar pada uang Rp. 10.000 adalah rumah limas yang dicetak pada tahun 2005 dan pada tahun 2010 terdapat perubahan warna dari magenta menjadi biru ungu. Rumah ini dapat Anda temui di Museum Balaputera Dewa, Palembang. Desain rumah ini dipenuhi dengan berbagai ukiran yang penuh makna. Setiap ukirnya melambangkan simbol kerukunan dan keagungan.

5. Pura Ulun Danu Bratan, Bali

Bagi yang sering mengunjungi Bali pasti sudah tidak asing lagi dengan Pura Ulun Danu Bratan. Gambaran keindahannya dapat dilihat pada pecahan uang Rp 50.000. Selain indah, tempat ini juga sangat mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan. Lokasinya berada di Kabupaten Tabanan, di bagian tengah Pulau Bali, pura ini bersanding dengan kecantikan dan kesejukan Danau Bratan.