5 Tips Agar Mobil Irit Bahan Bakar

21 Jan 2016

Mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit tentu menjadi idaman bagi setiap pengemudi. Hal ini dapat menekan biaya pengeluaran untuk membeli bahan bakar sehingga dompetpun tidak ikut-ikutan seret. Dilansir merdeka.com berikut 10 tips sederhana agar mobil kesayangan lebih irit bahan bakar.

1.  Jangan Panasi Mobil Terlalu Lama

Kebiasaan pengendara di Indonesia adalah mereka selalu menghidupkan mesin untuk beberapa saat sebelum menggunakan mobil mereka. Kegiatan ini, memang diperlukan bagi kendaraan keluaran lama, namun sudah bisa ditinggalkan di jenis kendaraan keluaran terbaru.

2.  Matikan Mesin Saat Macet Total

Bagi pengemudi di kota besar, tentu akan sering menemui keadaan jalanan yang macet total. Sebaiknya matikan mesin kendaraan ketika kondisi jalanan macet total, buka sedikit jendela mobil agar sirkulasi udara tetap terjaga meski mesin dan AC dimatikan.

3.  Gunakan AC Secara Efisien

Penggunaan Air Conditioner (AC) juga mempengaruhi putaran mesin yang berdampak pada konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, gunakanlah AC secara seperlunya dan sewajarnya agar tidak membebani putaran mesin yang justru akan membuat konsumsi bahan bakar makin boros.

4.  Cek Tekanan Angin Ban

Tekanan angin ban yang kurang akan membuat kondisi ban sedikit kempes dan hal inilah yang mengurangi daya putar ban dan membuat beban mesin semakin berat dan alhasil konsumsi bahan bakar pun akan boros.

5.  Service Berkala

Service-lah mesin mobil secara berkala. Dengan service ini maka saluran bahan bakar dan komponen lainnya akan diperiksa dan terjaga dalam kondisi terbaiknya sehingga akan mengonsumsi bahan bakar sesuai standar pabrikan yang pasti sudah disetting se-efisien mungkin.

Ayo kunjungi Auto eXhibition Center (AXC) Jl. Bulevar Timur (seberang Summarecon Mal Bekasi), Summarecon Bekasi.





Sumber