5 Tips Memilih Tempat Bimbingan Belajar

23 Nov 2015


Setiap orangtua tentunya akan bangga melihat anaknya memiliki prestasi di bidang akademik. Maka dari itu tidak heran jika orangtua mendaftarkan anaknya ke tempat bimbingan belajar agar prestasi anak meningkat. Bimbel telah menjadi solusi bagi para orangtua dalam membantu anak untuk mengulang kembali pelajaran yang mereka dapatkan disekolah sehingga anak dapat menjadi lebih paham. Saat ini sudah banyak instansi bimbingan belajar yang tersebar, namun sebagai orangtua Anda perlu selektif dalam menentukan tempat bimbingan belajar untuk anak Anda dari mulai harga, fasilitas hingga kelebihan lain yang ada di tempat bimbingan belajar tersebut. Inilah 5 tips memilih tempat bimbingan belajar terbaik untuk anak Anda:

1.  Perhatikan Kenyamanan Tempat

Hal utama yang perlu diperhatikan saat memilih tempat bimbingan belajar untuk anak adalah kenyamanan. Ajaklah anak Anda berkeliling gedung bimbel tersebut agar dapat melihat suasana tempat secara langsung, kemudian sebagai orangtua Anda perlu memastikan dengan cara menanyakan langsung pada anak apakah nyaman atau tidak dan pertanyaan lain seputarnya.

2.  Fasilitas Bimbingan Belajar

Fasilitas yang dimiliki oleh tempat bimbel tentunya akan berkaitan dengan biaya yang diberlakukan. Fasilitas yang baik tentunya akan menunjang perkembangan belajar anak semisalnya fasilitas umum yang harus dimiliki seperti komputer dan internet, tentunya dalam pengawasan pihak tempat bimbel.

3.  Metode Pembelajaran

Setiap tempat bimbingan belajar memiliki metode berbeda dalam memberikan materi pelajaran kepada siswanya. Sebagai orangtua Anda perlu mengetahui bahan materi pembelajaran yang akan didapatkan oleh anak dan jangan sampai materi tersebut tidak sesuai dengan materi yang didapatkan dari sekolahnya.

4.  Rasio Siswa Dalam Kelas Bimbingan Belajar

Orangtua mendaftarkan anaknya di tempat bimbel adalah agar mendapatkan kualitas dan perhatian lebih pada saat proses pembelajaran. Idealnya dalam bimbingan belajar yang efektif adalah satu guru memandu kelas tidak lebih dari 10 murid.

5.  Jarak Tempat Bimbingan Belajar

Ada hal lain yang perlu diperhatikan orangtua adalah jarak antara rumah dengan tempat bimbingan belajar. Apabila jaraknya terlalu jauh dari rumah akan mempengaruhi kondisi tubuh anak yang kelelahan sehingga menyebabkan kurangnya konsentrasi dan mood baik untuk belajar yang pada akhirnya membuat bimbingan belajarnya menjadi kurang efektif.


Bimbingan belajar Bintang Pelajar hadir di Ruko Emerald Blok UA-052 Jl. Boulevard Selatan, Summarecon Bekasi. Telp: 021 2851 9555