5 Tips Merawat Mobil Tua

31 Dec 2015

Mobil bukan hanya mesin dingin berbobot besar yang fungsinya untuk mengantar kita kesana-kesini saja. Lebih daripada itu mobil merupakan bagian dari sang pemiliknya yang perlu diperhatikan dan dirawat. Terlebih lagi jika mobil yang kita gunakan adalah mobil tua yang dari dulu selalu setia menemani kita. Ya, mobil tua memang memerlukan perawatan ekstra agar tetap terjaga performanya. Berikut 5 tips merawat mobil tua:

1.  Cek Mesin Mobil

Pengecekan mesin mobil harus dilakukan secara rutin agar mesin mobil Anda fit untuk berkendara, apalagi mobil anda mobil tua sangat rentan mogok dan muncul kerusakan tiba-tiba. Kemudian perhatikan juga komponen seperti ring, piston, dan karet-karet penyangga dan juga bagian sistem pengapianya jika ada komponen yang rusak atau sudah mulai melemah sebaiknya langsung diganti dengan komponen baru.

2.  Ganti Oli Secara Rutin

Mobil yang telah berusia lebih dari 10 tahun alangkah lebih baik mengganti oli setiap 2500 km. Dengan begitu, tingkat emisi akan dapat ditekan dan meringankan beban kinerjanya. Untuk proteksi optimal, sebaiknya gunakan oli dengan kekentalan SAE 10- 40 W atau 15-40 W.

3.  Lihat Kaki-Kaki Mobil

Sebaiknya perhatikan kekuatan kaki-kakinya, karena mobil yang telah berusia tua harus selalu dalam kondisi prima seperti pada bagian ball joint, tie rod, bushing arm, suspense dan karet stabilizer. Jika ada suara yang mengganggu pada mobil juga bisa terjadi akibat besi yang saling berhimpitan diantara kaki-kaki.

4.  Perhatikan Kondisi Kabel

Hal ini sangat penting agar tidak terjadi konsleting akibat kabel yang mengelupas atau rusak. Perhatikan kondisi kabel dan ganti kabel yang sudah getas dengan kabel yang baru. Lebih buruk lagi, kerusakan juga dapat menyebabkan timbulnya percikan di permukaan kabel yang dapat menimbulkan kebakaran.

5.  Perawatan Eksterior Dan Interior Mobil

Eksterior dan interior juga sangat penting untuk diperhatikan karena akan memberi kenyamanan dan tampilan pada kendaraan. Misalnya Anda dapat mengganti jok mobil atau melakukan pengecatan ulang  jika cat sudah terlihat memudar, namun apabila terkendala oleh biaya anda bisa gunakan coumpound untuk menjadikan mobil anda lebih mengkilap.


Bawa mobil Anda ke Auto eXhibition Center (AXC) untuk mendapatkan perawatan yang maksimal.