6 Manfaat Sehat Nonton Film Horor

11 Mar 2016

Banyak orang menolak untuk menonton film horor, dengan alasan sederhana, mereka tidak suka ditakut-takuti! Tapi jangan salah, menonton film seram ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan lho. Tidak percaya? Simak manfaatnya berikut ini!

Efek Menenangkan

Dalam beberapa cara, film horor memberikan faktor yang menenangkan. Meski plot yang tidak pasti bisa dalam film horor dapat memberikan stres, namun ketidakpastian ini dapat memberikan jalan untuk Anda menanggulangi stres untuk menolong Anda menghadapi masalah di kehidupan nyata. Menonton film horor dapat memberikan Anda semacam pengalihan pikiran dan membantu Anda melupakan kegelisahan dan stres di kehidupan sehari-hari.  

Adrenaline Rush

Kadang-kadang ketika sedang stres, Anda perlu membuat adrenalin terpompa. Ahli medis profesional percaya bahwa menonton film horor dapat membuat adrenalin terpompa ke seluruh tubuh. Keantusiasan dan ketidakpastian emosi Anda mengaktifkan kelenjar adrenal untuk memompa adrenalin yang akan menghasilkan semburan energi dan dapat melepas senyawa-senyawa yang menghasilkan mood baik ke otak Anda.  

Bagus untuk Otak

Menonton film horor dapat memberikan manfaat bagus untuk otak. Emosi yang naik turun saat menonton film seram dapat mengeluarkan senyawa mood baik di otak seperti dopamine, serotonin dan glutamate. Senyawa-senyawa ini dapat menciptakan adrenalin yang dapan menjadi efek anestesia di tubuh yang mirip dengan efek obat yang dapat menurunkan stres dan kegelisahan.  

Lebih Siap Menghadapi Kenyataan

Film seram dapat menolong Anda menyiapkan diri dan mental akan sebuah keadaan yang tiba-tiba, yang bisa Anda terapkan di kehidupan nyata. Anda menjadi lebih waspada terhadap situasi sekitar.

Pelukan Pelepas Emosi

Penonton yang ketakutan pasti akan serta merta memegang atau memeluk saat ada adegan yang terlalu menyeramkan atau mengagetkan. Dengan memeluk Anda dapat melepas emosi yang terasa membebani apalagi ketika Anda merasa takut.

Membakar Kalori

Sebuah studi dari Universitas Westminster menemukan bahwa 90 menit adrenalin yang terpompa ke tubuh, dapat membakar hingga 113 kalori. Inilah yang dilakukan film menegangkan, yang dapat membuat denyut nadi berdetak lebih kencang dan darah terpompa yang membuat kalori di tubuh terbakar.


sumber: okezone.com