6 Tips Aman Bagi Traveler Wanita Yang Bepergian Sendiri

24 May 2016

Banyak penelitian yang menyebut bepergian untuk liburan menuju suatu tempat merupakan indeks kebahagiaan yang sebenarnya ketimbang membeli barang-barang mewah. Tak terkecuali bagi para wanita yang memiliki hobi traveling mengunjungi tempat-tempat yang diimpikan. Namun bagi para wanita yang ingin traveling sendirian ada baiknya menyimak enam tips aman berikut ini yang dilansir dari wolipop.

1. Pergi di Siang

Peristiwa kurang menyenangkan memang bisa terjadi kapan saja. Meski begitu, salah satu tips utama ketika traveling sendirian adalah pergi di siang hari. Dengan begitu, diharapkan para traveler wanita bisa menjelajah dengan lebih aman. Dilansir AOL, selain meminimalisir tindakan kejahatan, langkah ini juga akan mencegah Anda semakin kebingungan atau tersesat di lingkungan yang tidak familiar ketika hari sudah gelap.

2. Jangan Terlihat Seperti Turis

Setelah itu, usahakan untuk tidak terlihat seperti seorang turis. Jika Anda tersesat tentu tidak ada salahnya untuk bertanya namun hindari tampak kebingungan setiap saat. Ketika ingin membuka peta, ada baiknya untuk tidak dilakukan di tengah jalan. Jika bisa cari lah tempat tertutup seperti kamar mandi restoran untuk mencari jalan.

3. Ketahui Batasan Diri

Selain takut dijadikan target kejahatan, orang terdekat pasti khawatirkan kesehatan Anda yang pergi liburan sendiri. Untuk itu, ketahui lah batasan diri. Jika Anda biasanya tidak kuat bepergian terlalu lama, hindari mengunjungi tempat terlalu banyak dalam satu hari. Bila Anda tidak bisa minum alkohol, sebaiknya hindari mengkonsumsi. Selain takut Anda mengalami sakit, mabuk bisa membuat Anda rentan jadi sasaran kriminaliras.

4. Manfaatkan Teknologi

Saat ini banyak teknologi yang memudahkan wanita untuk traveling sendiri. Misalnya dengan menjelajah internet demi mengetahui kota-kota yang aman untuk dijelajahi. Anda pun dapat memanfaatkan aplikasi kamus untuk berinteraksi dengan warga lokal. Begitu juga ketika berbelanja. Untuk memastikan jika Anda tidak dibohongi, coba cari referensi atau cek harga dengan melakukan konversi. Sediakan aplikasi-aplikasi tersebut di handphone sebelum Anda pergi.

5. Foto Dokumen

Tips traveling sendirian yang juga penting dilakukan adalah memotret dokumen-dokumen penting seperti KTP, passport, dan lain-lain. Kemudian unggah foto-foto tersebut ke situs berbagi dokumen seperti Google Drive atau Dropbox. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga jika Anda kehilangan tas.

6. Cari Kontak Bantuan

Hal lain yang perlu dilakukan adalah mengetahui nomor telepon kedutaan Indonesia di negara tersebut. Siapkan pula kontak atau alamat teman serta keluarga yang tinggal di sana. Jika Anda mengganti nomor ponsel selama liburan, kabarkan nomor tersebut pada keluarga melalui email.