7 Tempat Wisata Bekasi Yang Wajib Dikunjungi

28 Dec 2015

Berperan sebagai salah satu kota penyanggah ibukota, Bekasi menyimpan banyak potensi wisata menarik sebagai alternatif wisata Anda. Berikut ini adalah 7 tempat wisata menarik di Bekasi yang bisa Anda kunjungi!

1.  Saung Ranggon

Saung Ranggon merupakan sebuah rumah panggung kuno yang berada di Desa Cikedokan, Cikarang Barat. Saung ini berukuran 7,6 x 7,2 meter dengan tinggi lantai 2,5 meter. Tempat wisata di Bekasi ini dibangun pada abad ke-16 oleh Pangeran Rangga yang merupakan anak dari Pangeran Jayakarta. Pangeran Rangga membangun saung ini sebagai tempat persembunyian saat lari dari kejaran Belanda. Saung Ranggon baru ditemukan pada tahun 1821 oleh Raden Abbas. Meskipun telah mengalami renovasi beberapa kali, namun bangunan dan ornamennya sebagian besar masih asli.

2.  Danau Cibeureum

Tempat wisata di Bekasi ini menjadi lokasi favorit bagi komunitas pesepeda sekitar. Pada akhir pekan, kawasan Danau Cibeureum akan ramai didatangi oleh pesepeda dari segala penjuru Bekasi. Mereka biasa bergerombol di warung makan yang ada di sekitar danau. Danau seluas 2 hektar ini memiliki sebuah pulau kecil di tengahnya yang ditumbuhi sebuah pohon besar. Pulau di tengah danau ini menjadi objek foto favorit para pengunjung. Fasilitas di danau sudah lumayan lengkap mulai dari toilet, warung makan, toko suvenir sampai bangku-bangku yang menghadap ke danau. Secara administratif, danau ini berada di dua desa yaitu Desa Lambang Sari dan Desa Lambang Jaya, Kecamatan Tambun, Bekasi.

3.  Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting memiliki pasir putih kecoklatan yang landai. Selain pantai, di kawasan ini juga terdapat cagar alam yang terdiri dari hutan bakau dan beberapa satwa seperti lutung hitam dan buaya rawa. Saat yang tepat untuk datang ke tempat wisata di Bekasi ini adalah antara bulan September – Februari. Pada bulan-bulan tersebut, sedang terjadi migrasi burung dari kawasan Pasifik ke daratan Cina dan singgah sementara di cagar alam ini. Pantai Muara Beting terletak di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Bekasi

4.  Wisata Rumah Pohon

Wisata Rumah Pohon cocok sekali jika Anda kunjungi bersama anak-anak. Tempat wisata ini menawarkan rekreasi alam untuk anak-anak dewasa. Tempat wisata di Bekasi ini sangat asri dengan adanya banyak pepohonan rindang di lokasi. Sebagai tempat wisata alam, di sini Anda harus menjaga kesegaran udara sehingga bagi pengunjung yang ingin merokok telah disediakan ruang khusus agar tidak mengganggu pengunjung yang lain. Wisata Rumah Pohon terletak di Jalan Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi. Untuk fasilitas pendukung, di tempat wisata ini sudah tersedia mushola, toilet dan foodcourt.

5.  Hutan Kota Bekasi

Bekasi yang dikenal dengan kawasan pemukiman dan industrinya ini ternyata memiliki sebuah hutan kota yang nyaman untuk dikunjungi saat akhir pekan. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Margahayu, Bekasi Selatan. Tempat wisata di Bekasi ini dibuka pada tahun 2012 dan memiliki luas sekitar 2 hektar. Di sini, terdapat banyak pepohonan dan udaranya relatif sejuk. Kegiatan yang bisa Anda lakukan antara lain piknik, bersepeda dan melihat penangkaran burung merpati dan kutilang.

6.  Muara Gembong

Muara Gembong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak 64 km dari pusat Kota Bekasi. Tak kurang dari empat jam diperlukan untuk menempuh perjalanan dari Kota Jakarta dan sekitar dua setengah jam dari Kota Bekasi. Muara Gembong terkenal dengan potensi alamnya, muara ini adalah habitat ikan bandeng.

7.  Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Cikarang merupakan tempat penangkaran buaya yang terletak di wilayah Jl. Cikarang Cibarusah, Kp. Bunisari Desa Sukaragam Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi. Termasuk kedalam 10 besar tempat penangkaran buaya terbesar di dunia. Memiliki lebih dari 500 ekor buaya dari berbagai jenis. Taman Buaya menjadi alternatif tempat rekreasi, selain untuk mengetahui lebih dekat tentang buaya, Taman Buaya juga menyediakan tempat untuk rekreasi yaitu terdapat taman bermain untuk anak, sarana untuk bersantai, panggung hiburan bahkan pada hari-hari tertentu diadakan pertunjukan manusia dan buaya.