8 Cara Agar Rumput Kita Lebih Hijau Dari Tetangga

07 Apr 2016


Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga rumput Anda tetap sehat dan menawan.

1. Air merupakan salah satu elemen penting untuk kesehatan rumput Anda. Ada masa dimana rumput tidak mendapatkan cukup air yang biasanya timbul di musim kemarau, sehingga diperlukan penyiraman yang lebih intensif di pagi dan sore hari. Kondisi air berlebih juga tidak dibenarkan, karena akan menyebabkan pembusukan pada rumput.

2. Pemupukan adalah salah satu hal yang perlu dilakukan setidaknya tiga bulan sekali. Gunakan pupuk , campurkan sedikit pasir halus pada pupuk agar sebarannya lebi merata.

3. Rumput yang sering diinjak, tanahnya akan padat dan mengeras. Hal ini akan berpengaruh pada pertumbuhan rumput. Rumput memerlukan udara untuk pertumbuhannya. Karena itu, perlu dilakukan penyuntikkan dengan cara membuat lubang dengan garpu tanaman sedalam 5-10 cm dengan jarak 10-15 cm. Kemudian isilah dengan pasir atau humus halus. Lubang-lubang itu akan membantu tanaman untuk dapat menyerap air dan udara segar ke dalam tanah.

4. Pertahankan tinggi rumput sampai 2,5-3 cm, agar rumput tumbuh dengan baik dan tampak indah. Begitu pula bisa pemangkasan terlalu berlebihan akan menyebabkan kekeringan pada bagian pangkal dan rumput terlihat botak.

5. Pemakaian alat siram seperti gembor dan sprayer akan lebih baik karena air diberikan secara halus dan merata.

6. Penggunaan pupuk organik perlu dilakukan agar tanah tetap gembur dan diharapkan dapat mempercepat proses penyerapan makanan oleh tanaman.

7. Lakukan pemangkasan minimal seminggu sekali. Khusus untuk musim hujan, biasanya rumput Anda akan tumbuh lebih cepat, sehingga pemangkasan harus lebih sering.

8. Bersihkan rumput hias Anda dari gulma yang mengganggu keindahan dan pertumbuhannya. Usahakan untuk mencabut gulma sampai ke akar-akarnya, dengan bantuan pisau kebun.


sumber: tabloid rumah