9 Langkah Gaya Hidup Ramah Lingkungan

26 Jan 2016

9 Langkah Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Belajar gaya hidup hijau yang memperhatikan lingkungan sekitar sebetulnya tidaklah sulit, hanya membutuhkan kemauan untuk belajar dan komitmen Anda. Untuk belajar kita bisa memulainya dari ruang yang sangat akrab dengan seluruh anggota keluarga yaitu dapur. Simak beberapa tips berikut ini:

1.  Sering ke mal, gunakan tas belanja sendiri yang ramah lingkungan demi menghemat penggunaan kantung plastik. Jika sering mendapat kantung plastik baru dari berbelanja, pakai kantung plastik bekas tersebut untuk wadah sampah.

2.  Pilah sampah sesuai jenisnya. Sampah bekas sayur dan buah bisa digunakan sebagai kompos alias pupuk alami untuk tanaman sedangkan sampah kaleng, kertas dan plastik bisa dikumpulkan untuk didaur ulang.

3.  Gunakan air bekas cucian beras dan sayur untuk menyiram tanaman di balkoni.

4.  Alih-alih memilih minyak sawit lebih baik pilih minyak kelapa. Pasalnya tanaman sawit adalah jenis tanaman yang boros air dan unsure hara sehingga merusak tanah.

5.  Pergunakan sabun cuci yang ramah lingkungan.

6.  Buatlah kain lap dari pakaian yang sudah using/rusak daripada menggunakan tisu.

7.  Masak makanan dengan potongan yang kecil. Hal ini dapat menghemat bahan bakar yang Anda gunakan karena potongan kecil akan lebih cepat matang daripada potongan bahan makanan yang besar.

8.  Pergunakan slow cooker, dengan rendah konsumsi listrik, masakan pun lebih bergizi.

9.  Rendam piring makan dan alat dapur lainnya bersama didalam sink dengan air sabun, Anda akan lebih cepat membersihkan dan membilas gerabah Anda, artinya Anda bisa menghemat pemakaian air.


Mudah kan penerapan gaya hidup hijau itu? Yuk, kita mulai dari sekarang!