Anda termasuk Jenis Traveler yang Mana?

16 May 2016

Setiap orang pasti punya gaya sendiri-sendiri saat melakukan traveling. Mulai dari gaya hemat ala backpacker atau gaya traveling mewah ala selebritis. Ada banyak lagi jenis-jenis traveling yang mungkin belum Anda tahu. Dari 13 Jenis traveler berikut ini, Anda termasuk yang mana?

1. The Techie
Tipe traveler satu ini adalah jenis orang yang membeli perangkat gadget atau kamera hi-end yang mereka idam-idamkan. Tujannya agar dapat digunakan untuk mengabadikan tempat atau momen berharga mereka di suatu tempat serta dapat diupload di akun sosial media mereka.

2. The Partier
Traveler jenis The Partier ini merupakan orang-orang yang gemar mendatangi acara-acara keren yang sedang berlangsung di suatu tempat, khususnya pesta musik atau sejenisnya. Mereka rata-rata tidak terlalu peduli akan wisata alam atau lainnya, hanya terfokus pada acara yang akan mereka ikuti tersebut.

3. The Guidebook-er
Tipe ini adalah jenis orang yang bepergian ke suatu tempat atau negara hanya berdasarkan buku atau informasi yang dibacanya dan rata-rata mematuhi apa yang mereka baca atau yang dijelaskan dalam buku panduan itu. Tapi, mayoritas the guidebook-er ini mengerti banyak hal yang justru membantu traveler lain ketika berada di tempat asing.

4. The Soloist
Solo traveler adalah orang yang bepergian ke suatu tempat atau daerah sendiri tanpa dipandu atau bersama orang lain. Rata-rata traveler jenis ini sudah mempersiapkan segala hal agar tidak menemui hal yang dapat mengacaukan perjalanan mereka.

5. Free Spirit
Orang jenis ini adalah tipe seseorang yang tidak dapat berada di rumah seharian. Mereka akan selalu mencari cara untuk dapat bepergian dan mengunjungi tempat atau negara tertentu untuk memenuhi hasrat travellingnya. Akan tetapi, rata-rata orang tipe ini lebih suka akan hal-hal yang berbau hedonist dan suka berada di keramaian.

6. The Foodie
The foodie adalah tipe orang yang bepergian ke tempat atau negara lain yang tujuan utamanya adalah mencicipi masakan atau makanan daerah tersebut. Setelah mereka mencicipi, mereka akan mengabadikannya dan mengunggahnya ke akun sosial media dan memberikan review.

7. The Chatty
Orang-orang yang masuk dalam jenis ini lebih sering untuk melakukan komunikasi dengan orang-orang di daerah yang mereka kunjungi. Tidak hanya sekadar melakukan percakapan biasa saja, terkadang mereka juga tidak basa-basi untuk berbagi informasi atau bercerita tentang pengalaman mereka selama menjadi traveler.


8. The Healing
The healing adalah tipe orang-orang yang suka mengunjungi tempat atau negara tertentu yang mereka anggap damai dan menyejukkan. Hal tersebut hanya untuk mendapatkan ketenangan hati karena pada dasarnya mereka ingin melupakan hal-hal yang selama ini membuat mereka resah, depresi atau stres.

9. The On-Budget
Ciri dari traveler ini adalah para wisatawan yang bepergian ke suatu tempat atau negara dengan hanya memiliki uang atau dana terbatas. Mereka akan berusaha untuk tetap hemat agar dapat menggunakan dana yang dimiliki dalam beberapa hari atau bulan saja. Tidak banyak barang yang akan mereka beli, kecuali yang benar-benar dibutuhkan saja.

10. Cultural Explorer
Ini adalah traveler yang sangat suka menikmati keindahan alam dan budaya termasuk tempat-tempat yang dianggap bersejarah atau mengandung sisi heritage tinggi. Mereka suka berjalan-jalan di tempat-tempat yang memiliki sisi historis tinggi dan kemudian mencari informasinya.

11. Turis
Turis adalah orang yang mengunjungi daerah atau negara tertentu dengan tujuan hanya ingin melancong saja. Tidak ada tujuan yang benar-benar khusus dalam agenda mereka dan rata-rata mereka akan banyak menghabiskan uang selama bepergian.

12. Backpacker
Seorang backpacker adalah tipe orang yang suka melakukan perjalanan ke suatu tempat atau daerah atau juga negara lain dengan mengutamakan gaya bebas dan tidak terikat akan travelling rules. Pada umumnya, orang-orang jenis ini hanya akan mengandalkan apa saja yang telah mereka persiapkan dan mereka bawa dalam tas saja. Inti utama dari seorang backpacker adalah mengutamakan apa saja yang menurut mereka murah dan hampir sama dengan prinsip On-Budget traveler.

13. Flashpacker
Seorang flashpacker adalah tipe orang yang tidak suka akan keteraturan atau mendapatkan guide dari agen perjalanan. Mereka rata-rata suka bepergian sekehendak hati mereka sendiri dan menemukan pengalaman by their own. Rata-rata orang jenis ini tidak terlalu ngirit dalam hal pengeluaran akan tetapi memiliki anggaran yang tertata agar tidak sampai kehabisan uang selama di perjalanan.