Belajar Matematika Ala Bimbel

04 Jan 2016

Ujian Akhir Semester atau biasa disingkat UAS merupakan salah satu hal paling ditakutkan oleh para siswa yang mampu membuat keluar keringat ekstra untuk persiapan menghadapinya dengan baik dan matang. Maka dari itu mau tidak mau siswa perlu belajar sebagai pengulangan materi pelajaran yang telah diajarkan di sekolah. Untuk membantu insensitas belajar, siswa dapat mengikuti pelajaran tambahan di tempat bimbingan belajar (bimbel). 

Salah satu pelajaran yang tidak banyak siswa sukai adalah pelajaran matematika. Pelajaran ini identik dengan pelajaran hafalan rumus-rumus dan berhitung. Kesuksesan pelajar dalam menguasai materi matematika selama satu semester dapat dilihat dari seberapa sering mereka mengerjakan soal matematika. Para guru di tempat bimbel akan menyediakan soal-soal latihan sesuai dengan tingkatan kelas siswa. Ketika siswa memutuskan bimbel maka akan langsung diberikan selembar kertas berisikan beberapa soal yang mewakili materi dalam satu semester dan kemudian harus mengerjakannya di papan tulis sampai bisa. Guru bimbel bertugas mengawasi hasil pengerjaan siswa. Bila ada jawaban siswa yang salah maka akan langsung memberikan penjelasan untuk membetulkannya.

Di dalam kelas guru bimbel akan menjumpai siswa yang mengalami kesulitan dalam menghafal rumus. Biasanya siswa akan diminta untuk menghafal rumus dengan memakai singkatan yang mudah untuk di ingat. Siswa juga bisa menghafal rumus-rumus itu di pagi hari sebagai waktu yang disebut paling tepat untuk belajar. Setelah menghafal rumus itu maka langkah selanjutnya perlu dicatat kembali di selembar kertas. Hal ini harus dilakukan secara rutin dan berulang-ulang sampai rumus itu hafal diluar kepala.

Bimbingan belajar Bintang Pelajar hadir di Rukan Emerald Blok A52, Summarecon Bekasi.