Bingung Pilih Ukuran Baju Saat Belanja Online? Intip 5 Tipsnya!

02 Mar 2016

Belanja busana secara online menjadi hobi baru para wanita. Selain mudah dan cepat, pilihan item fashion di e-commerce terkadang lebih bervariasi dan murah. Meski begitu, banyak pula yang menghindari atau tak mau lagi memesan busana dari situs belanja karena takut salah memilih ukuran. Andakah salah satunya? Jika demikian, tak perlu kapok melakukannya. Simak lima tips berikut ini ketika Anda bingung memilih ukuran baju saat belanja online seperti yang dilansir Who What Wear:

1. Baca Ulasan

Pertama, yang perlu dilakukan saat bingung pilih ukuran adalah mencari tahu pengalaman pelanggan lainnya. Coba lihat di bagian ulasan atau komentar dalam situs atau media sosial untuk mengetahui pendapat mereka mengenai ukuran busana. Bila ada yang mengatakan busana dari situs tersebut lebih kecil dibanding brand lainnya, mungkin Anda harus memilih yang ukurannya lebih besar dari biasanya.

2. Ukur Tubuh

Tidak sedikit e-commerce yang menampilkan detail ukuran busana dalam situsnya. Jika begitu, jangan malas untuk mencari tahu panjang dan lebar tubuh Anda sendiri. Siapkan pita ukur dan ketahui ukuran dada, pinggang, dan lengan Anda. Simpan data-data tersebut dalam catatan atau ponsel agar tidak perlu mengukur setiap kali ingin belanja online.

3. Tanya Customer Service

Jika dalam situs tidak tersedia detail ukuran, coba tanyakan kepada customer service. Umumnya e-commerce menyediakan nomor telepon untuk pelanggan mengajukan pengaduan atau pertanyaan.

4. Satu Ukuran Lebih Besar

Bila Anda benar-benar takut busana akan kekecilan, pilih saja baju dengan satu ukuran lebih besar. Kalaupun item tersebut ternyata kebesaran, Anda bisa membawanya ke tukang jahit langganan untuk dikecilkan.

Bisa juga dengan memesan beberapa baju dengan ukuran yang berbeda untuk mencari yang paling pas di badan. Kemudian kembalikan item yang kekecilan atau kebesaran ke situs belanja tersebut. Sebelum melakukannya pastikan bila e-commerce menerima pengembalian barang.

5. Free Returns

Ketika Anda tidak tahu ukuran pasti dari busana yang ingin dibeli, pilih situs belanja yang menawarkan layanan free returns atau pengembalian secara gratis. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir jika baju benar-benar tidak muat karena bisa ditukar dengan ukuran lain. Untuk itu, simpan bukti-bukti pembelian atau pengiriman dengan baik agar mudah diproses.