Doyan Makanan Pedas Bisa Panjang Umur!

01 Feb 2016

SELAIN menambah rasa, kini ada alasan lain Anda menambahkan cabai dalam makanan. Karena, makanan pedas dapat menurunkan risiko kematian, berikut buktinya.

Apakah Anda tahu bahwa cabai mengandung bahan aktif yang disebut capsaicin? Bahan aktif ini sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Karena, Capsaicin memiliki antioksidan, melawan kanker dan anti inflamasi. Sebuah penelitian menyatakan, orang yang makan makanan pedas 3 kali seminggu menurunkan risiko kematian 14 persen dibandingkan mereka yang tidak sama sekali mengonsumsinya.

Karena, orang yang makan makanan pedas 3-7 kali seminggu mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, gangguan pernapasan dan kanker. Informasi ini berasal dari sebuah penelitian yang dilakukan dengan melihat kebiasaan diet setengah juta orang dewasa di Tiongkok.

"Ini salah satu pemikiran ilmuwan, yaitu capsaicin dan senyawa aktif lainnya dalam sayuran dapat mencegah perkembangan kanker dengan merangsang apoptosis," ujar David Popovich, dosen senior di Massey University Selandia Baru yang dikutip Womendailymagazine.

Selain itu, menurut David, tidak ada alasan untuk menghilangkan saus pada hidangan Anda. Karena itu, David selalu menambahkan saus pedas atau cabai di setiap makanannya, terutama makanan berlemak.

"Capsaicin adalah molekul yang larut dalam lemak. Berarti, capsaicin dapat menyerapnya ketika Anda makan lemak. Jadi, makanan daging atau lemak sebenarnya mudah dicerna oleh tubuh berkat saus pedas," jelas David

"Intinya adalah saus pedas dapat membantu Anda mencerna makanan lebih mudah, dan mencegah pertumbuhan sel kanker," simpulnya.

sumber