EURO 2016, Pesta Bola yang Turut Meriahkan Ramadhan

17 Jun 2016


Upacara pembukaan Piala Eropa 2016 berlangsung meriah di Stadion Stade de France, Saint Denis pada 11 Juni lalu. Sebanyak 150 penari dengan ornamen warna-warni membuka upacara yang singkat itu. Aksi dari Tentara Angkatan Udara Prancis juga ikut menambah gempita upacara pembukaan. Sejumlah pesawat jet melakukan manuver dengan mengembuskan asap warna merah, putih, biru lambang bendera negara Prancis. Tercatat 80 ribu sukarelawan terlibat dalam upacara yang berlangsung sekitar 10 menit ini.

Piala Eropa / EURO 2016 sudah berlangsung untuk yang ke 15 kalinya di musim ini. Tuan rumah Perancis telah mempersiapkan 10 stadion terbaiknya yang tersebar di 10 kota diantaranya adalah Stade de France kota Saint-Denis, Allianz Riviera kota Nice, Stade Vélodrome kota Marseille, Stadium Municipal kota Toulouse, Stade des Lumières kota Lyon, Stade Geoffroy-Guichard kota Saint-Étienne, Grand Stade Lille Métropole kota Lille, New Bordeaux Stadium kota Bordeaux, Stade Félix-Bollaert kota Lens, Parc des Princes kota Paris.

Perubahan format pertandingan antara EURO sekarang dengan musim sebelumnya adalah karena adanya penambahan jumlah tim yang masuk dalam kejuaraan tersebut yaitu dari 16 menjadi 24 tim negara. Pada babak 16 besar akan berlaku sistem gugur sehingga dapat diperoleh 8 timnas yang akan bertanding dalam babak 8 besar yang kemudian akan masuk ke babak semifinal hingga puncaknya babak grand final EURO 2016.

Fun Facts

- Pemain penyerang timnas Inggris, Marcus Rashford, adalah pesepakbola termuda di ajang EURO 2016, yakni masih berusia 18 tahun.

- Kiper timnas Hungaria, Gabor Kiraly, dan kiper Republik Irlandia, Shay Given, adalah pemain berusian 40-an pertama yang berlaga di ajang EURO.

- Kiper timnas Rumania, Costel Pantilimon, adalah pemain paling jangkung di ajang EURO 2016 dengan tinggi 207 cm.

- Pemain tengah timnas Italia, Lorenzo Insigne, adalah pesepakbola terpendek di ajang EURO 2016, yakni dengan tinggi 165 cm.


sumber: berbagai sumber