Gym Untuk Anak-Anak?

20 Jun 2016

Mungkin dalam kepala Anda, tidak pernah terpikirkan kata “gym” untuk anak-anak. Namun sebenarnya latihan gym juga dapat diaplikasikan pada anak-anak, bahkan pada usia balita sekalipun.

Tujuannya latihan kebugaran pada anak-anak adalah memperkenalkan anak kepada gaya hidup yang aktif dan sehat sehingga memberikan dampak positif yang berkelanjutan ketika mereka dewasa kelak.

Gym atau olahraga kebugaran bukanlah istilah asing bagi mereka yang hidup aktif,terutama bagi penduduk kota-kota besar. Apalagi trend saat ini banyak merujuk pada pola gaya hidup sehat sehingga masyarakat mulai peduli akan pentingnya menjaga kesehatan seperti pola makan dan cara mereka berolahraga.

Mereka yang peduli akan kebugaran tubuh biasanya akan menyempatkan waktunya untuk pergi ke gym. Namun bagaimana dengan anak-anak? Perlukah anak-anak berolah raga kebugaran?

Aktifitas dan kemampuan fisik pada anak-anak

Video games, makan snack (ngemil), terlalu sering menonton TV dan kurangnya program aktifitas olahraga di sekolah sangat berkontribusi menghasilkan laju obesitas pada anak. Apalagi kini, kian terjadi peningkatan kasus penyakit kronis pada anak seperti kegemukan, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga gangguan pada jantung. Bahkan The Center for Disease Control and Pervention memperkiraan 15% dari anak-anak berusia 6-19 tahun mengalami kelebihan berat badan karena kurang aktif secara fisik. Maka olahraga bagi anak-anak penting dilakukan.

Anak-anak yang sehat pada umumnya memiliki aktifitas fisik yang cukup tinggi, mereka selalu bergerak dinamis dengan didorong naluri keingintahuannya terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan cara memotivasi anak untuk tetap bermain secara aktif, berarti kita membantu anak untuk menjaga tubuh tetap fit untuk saat ini maupun untuk masa depannya. Upaya ini bertujuan agar anak selalu sehat dan mencintai olahraga sejak usia dini. Dengan demikian, mereka kelak tak terpaku bermain video game atau permainan elektronik lainnya didalam rumah yang secara otomatis mengurangi aktifitas geraknya.

Manfaat Olahraga Kebugaran (gym) Untuk Anak-Anak
·   Menambah kekuatan otot dan tulang.
·   Menambah massa otot dan membantu mengurangi lemak pada tubuh.
·   Membantu menjaga berat badan dan merupakan kunci program pokok penurunan berat badan.
·   Peningkatan psikologis ke arah yang lebih baik.
·   Dapat mengurangi gejala depresi dan kegelisahan serta dapat memperbaiki mood (perasaan).
·   Meningkatkan aktifitas dan kesehatan fisik.

Gym memiliki program-program yang mampu meningkatkan daya kembang anak melalui kelas-kelas fisik, kognitif dan pengembangan emosional.Gym juga memiliki beragam kategori aktivitas, seperti kelas musik, menari, relays, permainan, special rides, gimnastik, olahraga, dan masih banyak lainnya. Masing-masing kelas di sesuaikan dengan kategori usia.

Gym bertujuan agar anak-anak sudah dapat bersosialisasi dan percaya diri di usia dini. Tidak takut atau mudah menangis saat bertemu orang asing, dapat berinteraksi dengan lingkungan selain keluarga, sehingga pada saat dewasa menjadi individu yang aktif dan sehat.