Jangan Membuang Kulit Jeruk, Ini Lho Manfaatnya

05 Feb 2016

Apa yang biasa Anda lakukan saat makan jeruk, apakah Anda membuang kulitnya?

Ya jelas saja dibuang, untuk apa kalau tak bisa dimakan? Eh jangan salah, kulit jeruk ini ternyata tak sedikit manfaatnya lho.

Rebecca Wood, seorang penulis The New Whole Food Encyclopedia, seperti dikutip dari IndiaTimes menjelaskan bahwa kulit jeruk sama bermanfaatnya seperti kulit apel. Keduanya punya kandungan nutrisi serta manfaat yang hampir sama.

Kulit jeruk dari sebuah jeruk mengandung lebih dari 60% flavanoid dan 170 jenis phytonutrients yang berbeda. Keduanya sangat bagus untuk kulit dan sistem tubuh. Bahkan Dr. Jaishree Bhattacharjee, menjelaskan beberapa kegunaannya untuk kesehatan dan kecantikan.

Kulit jeruk yang rasanya pahit itu mengandung berbagai bahan bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah membantu mengatasi problem pencernaan, meredakan mual, meredakan asam lambung, serta mengeluarkan gas dari dalam perut.

Sifat kulit jeruk ini juga sebagai anti microba, serta anti peradangan, sehingga dapat memperbaiki kondisi pencernaan yang sedang sakit atau terinfeksi. Bahkan ia dapat mengontrol kolesterol tinggi.

Saat diolah menjadi minyak, kulit jeruk dapat membuat tubuh lebih rileks serta mengantar tidur agar tidur lebih nyenyak.

Manfaat Kecantikan

Dalam hal kecantikan, kulit jeruk mampu menyeimbangkan kondisi kulit. Mengurangi kelebihan minyak pada kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut dan jauh dari problem jerawat.

Saat dikeringkan dan dijadikan sebagai bubuk, kulit jeruk mampu berperan sebagai exfoliator. Menghilangkan sisa sel-sel kulit mati, mengatasi problem komedo, serta membuat kulit lebih berkilau.

Manfaat lain dari kulit jeruk ini adalah apabila dijadikan masker, ia dapat membantu menghilangkan noda hitam di kulit serta menyegarkan kembali kulit kusam. Apabila diaplikasikan pada kulit secara teratur, maka ia dapat mencegah pertumbuhan jerawat serta mencegah bakteri lain menimbulkan masalah pada kulit.

Manfaat di dunia kuliner

Sedikit menyinggung soal kulit jeruk di dunia kuliner, ternyata kulit jeruk dapat dijadikan penyedap rasa lho. Memberikan rasa lebih segar dalam menyeimbangkan menu berlemak, kulit jeruk biasa ditambahkan pada menu-menu yang memang berkuah dan terlalu oily.

Sumber: vemale.com