Kenali Diet DASH untuk Penderita Hipertensi

12 Feb 2016

APAKAH Anda penderita hipertensi? Apakah dokter Anda pernah merekomendasikan Anda diet DASH? Diet atau pilihan makanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tekanan darah. Metode DASH ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi hipertensi.

DASH adalah singkatan dari dietary approaches to stop hypertension. Intinya, diet ini akan mendorong pasien hipertensi agar mengonsumsi lebih banyak potasium, kalsium, protein, dan serat. Serta menghindari kelebihan kalori dan lemak, termasuk mengukur asupan garam sodium.

Diet seperti ini mudah diikuti, dan bukan hanya bisa membantu mengatasi hipertensi, tapi juga berat badan. Seperti kata penulis buku Schedule Me Skinny: Plan to Lose Weight and Keep it Off in Just 30 Minutes a Week, diet DASH direkomendasikan karena sesuai dengan rekomendasi gizi yang telah teruji.

"Cara ini memfokuskan pada konsumsi berbagai makanan seimbang kaya nutrisi, termasuk buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, kacang-kacangan dan polong-polongan, lemak sehat, susu dan biji-bijian," katanya, seperti dikutip dari Womenshealthmag.

Kabar baik lainnya, pasien hipertensi yang ingin memperbaiki diet mereka masih bisa mengonsumsi makanan manis, tentunya dalam jumlah moderat. Sebaliknya, pasien mungkin harus lebih ketat menjaga kadar garam (sodium/Natrium) agar terkontrol.

Faktanya, ada begitu banyak makanan yang mengandung garam, baik secara alami atau yang ditambahkan. Secara pribadi, saya pikir lebih penting bagi kita untuk mengurangi asupan makanan dengan garam tambahan (seperti pada makanan kemasan dan berpengawet)," kata Bedwell.

sumber: okezone.com