Latihan Angkat Beban Bagus Untuk Tubuh Anda

16 Jan 2016

Dilansir dari duniafitnes.com Begitu banyak mitos yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan latihan angkat beban dapat berotot layaknya pria. Meskipun itu hanya sebuah mitos, nyatanya kabar yang tidak terbukti kebenarannya tersebut banyak diiyakan oleh banyak orang, terlebih wanita. Padahal, tak peduli gol yang Anda inginkan (untuk menurunkan berat badan ataupun membentuk tubuh berotot), latihan angkat beban sangat membantu Anda meningkatkan kekuatan tubuh.

Bukan hanya itu, masih banyak lagi manfaat dari melakukan latihan angkat beban baik itu dilakukan oleh pria-wanita, tua ataupun muda. Anda tak bisa mendapatkan tubuh yang padat jika tak melakukan latihan ini. Untuk itu, informasi berikut ini adalah manfaat yang akan Anda dapatkan jika melakukan latihan angkat beban.

Manfaat Bagi Mereka yang Ingin Menurunkan Berat Badan

Latihan beban akan membantu membangun otot (yang akan memicu penurunan berat badan lebih cepat). Hal ini juga akan meningkatkan metabolisme dan membantu mengencangkan kulit, Bukan hanya itu, dengan melakukan angkat beban juga akan meningkatkan produksi hormon testosteron yang merupakan kunci untuk membantu pembakaran lemak. Tak cukup berhenti di situ, latihan angkat beban juga akan merawat kesehatan jantung, mencegah kulit kendur, membangun kekuatan otot dan ketahanan, serta memperbaiki postur tubuh. Untuk itu, mustahil menurunkan berat badan tanpa melakukan latihan angkat beban.

Bagi Mereka yang Ingin Menambah Berat Badan

Bukan hanya bisa untuk menurunkan berat badan, latihan angkat beban juga bisa digunakan untuk menambah bobot tubuh. Orang-orang yang ingin menambah berat badan, kemungkinan besar memiliki tipe tubuh ectomorphs. Dan mereka memiliki metabolisme yang sangat tinggi. Dengan demikian, berarti mereka akan cenderung membakar kalori lebih cepat dibandingkan dengan seseorang yang memiliki tipe tubuh yang lain. Maka dari itu, Anda perlu menyeimbangkan latihan beban dan mengatur pola makan untuk sukses menambah berat badan Anda.

Latihan Beban Bagi Wanita

Jika latihan beban dilakukan oleh wanita, maka dapat menjaga Anda dari osteoporosis, meningkatkan fleksibelitas, memperbaiki postur tubuh, kekuatan dan ketahanan, dan merawat kesehatan jantung Anda. Jika Anda, wanita masih takut tentang mitos mendapatkan otot kekar layaknya pria pada umumnya, maka Anda perlu membuang pikiran tersebut jauh-jauh. Hipertrofi otot hanya akan terjadi pada pria yang mempunyai hormon testosteron yang cukup. Sedangkan tubuh wanita sendiri hanya memproduksi hormon ini sekitar 1/100 dari jumlah hormon yang diproduksi pria. Kecuali, jika wanita tersebut menggunakan steroid untuk memicu hipertrofi otot. Untuk itu, Anda tak perlu lagi khawatir.

Latihan Angkat Beban untuk Orang Tua

Latihan angkat beban dapat membantu memperlambat hilangnya massa otot yang dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Latihan ini juga dapat meningkatkan kepadatan tulang yang dapat membantu mencegah timbulnya penyakit yang dipengaruhi oleh bertambahnya usia. Misalnya, seperti osteoporosis dan rematik.

Anda jangan membayangkan bahwa latihan beban yakni dengan mengangkat beban sangat berat seperti yang biasa dilakukan oleh binaragawan. Bahkan dengan mengangkat barbell dengan berat rendah pun, itu akan berguna bagi kesehatan Anda. Lalu, setelah membaca informasi di atas, apakah Anda masih berpikir untuk tidak melakukan latihan ini?



Sumber