Lima Langkah Nyamuk Jauh dari Rumah

22 Feb 2016

Seiring musim hujan, nyamuk pun berdatangan. Simak 5 langkah praktis ini untuk mengusirnya.

Apa yang akan dipikirkan di benak Anda ketika musim hujan tiba? Bocor? Banjir? Ya, kedua hal tersebut pastinya akan menggelayuti pikiran Anda. Namun, yang tak kalah penting lainnya adalah masalah kesehatan. Berbicara mengenai kesehatan, penyakit yang biasa timbul pada saat musim hujan seperti ini adalah batuk, pilek, demam, diare, hingga demam berdarah.  Salah satu penyebab terjadinya penyakit pada musim hujan adalah nyamuk.


Serangga yang satu itu memang terkenal membawa bibit penyakit. Terlebih lagi, ada jenis nyamuk yang dapat berkembang biak ditempat bersih dan terawat! Lalu, ruang di rumah yang sering “ditempati” nyamuk adalah ruang tidur. Namun, jangan khawatir, berikut ini 5 langkah nyamuk jauh dari rumah :

1. Hilangkan Genangan

Jangan sampai ada genangan di rumah dan sekitarnya. Bersihkan selokan, teras, halaman, hingga alas pot. Agar dampaknya lebih terasa, ajak pula para tetangga melakukan hal sama.

2. Bersihkan Pekarangan

Jangan biarkan matahari sulit masuk ke pekarangan. Pekarangan yang terang akan membuat nyamuk tidak betah. Rampingkan pepohonan yang mulai lebat, potong rumput secara rutin, rapikan tanaman yang kusut, dan sapu daun-daun yang gugur.

3. Angkut Sampah Padat

Jangan biasakan menumpuk barang yang tak terpakai. Segera buang barang-barang bekas, seperti kaleng, ban, atau ember. Sebab, barang-barang itu sangat mungkin menampung air hujan lalu menjadi tempat nyamuk bersarang. Bersihkan pula sudut-sudut rumah. Barang yang menumpuk di sudut akan menjadi rumah baru bagi nyamuk.

4. Hadirkan Angin Buatan

Keberadaan angin dapat mengganggu terbang serangga. Hadirkanlah angin buatan melalui kipas listrik. Nyamuk pun akan menyingkir dari rumah.

5. Sediakan Penangkal Alami

Supaya tak berbahaya bagi kesehatan, hadirkanlah penangkal alami alih-alih penyemprot serangga. Anda dapat membakar seikat dupa beraroma jeruk. Letakkan di area rumah bagian luar. Anda juga dapat mengusir nyamuk dengan menyalakan lilin aromaterapi beraroma lavender atau rosemary. Ganti pula lampu-lampu di teras dengan lampu bercahaya kuning. Warna ini tidak menarik perhatian nyamuk sehingga mereka tidak akan mendekat ke rumah.

Lima langkah nyamuk jauh dari rumah sangat mudah , ya! Semoga dapat menerapkan di rumah dan wush… nyamuk pun enggan berkunjung!


sumber: ideaonline.co.id