Makanan Kaya Gizi yang Sering Kita Buang

26 Feb 2016

Ketika kita memakan sesuatu pasti ada saja yang tersisa dan kita buang begitu saja. Namun, pertimbangkanlah terlebih dahulu sebelum Anda membuangnya. Banyak bagian dari makanan yang kita pikir tidak dapat dimakan namun ternyata mengandung banyak nutrisi di dalamnya.

"Nafsu makan dikendalikan oleh fungsi otak dan isyarat visual pun memainkan peran. Makanan yang terlihat menarik akan memicu respons otak untuk meningkatkan nafsu makan. Sebaliknya, otak diporgram untuk menghindari hal-hal yang tidak menarik dan tidak akrab bagi kita. Akibatnya, kita tidak mau memakannya," ujar Alisa de Torres, seorang psikolog klinis, seperti dilansir dari news.com.au.

Berikut jenis makanan yang mungkin tidak menarik dan sering Anda buang namun memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa:

1. Kulit buah kiwi

Anda mungkin berpikir bahwa jenis makanan ini pantas untuk dibuang. Namun, jangan salah, ternyata kulit buah kiwi mengandung vitamin C yang lebih banyak daripada buah jeruk. Sebuah studi menunjukkan bahwa kulit buah kiwi dapat melindungi kita dari kerusakan DNA pemicu kanker. Selain itu, risiko penyakit jantung pun dapat diminimalisir. Anda bisa memakannya mentah-mentah ataupun dibuat menjadi jus yang segar.

2. Kulit pisang

Para peneliti di Taiwan mendapati ekstrak kulit pisang kaya akan serotonin kimia yang dapat meningkatkan suasana hati. Tak hanya itu saja, buah pisang mengandung kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Anda dapat memasukkan kulit pisang di dalam juicer atau merebusnya selama 10 menit dan setelah didinginkan, minum cairannya.

3. Kulit jeruk

Kulit jeruk merupakan sumber vitamin dan mineral, termasuk kalsium, magnesium, seng, tembaga, kalium, dan fosfor. Kulit jeruk dianggap efektif dalam mengobati berbagai kondisi seperti sembelit, tekanan darah tinggi, meminimalisasi risiko kanker perut, dan bahkan dapat menurunkan kolestrol "buruk" (LDL). Pilihlah jeruk organik, parut kulitnya dan masukkan pada hidangan sup, seperti sup kacang hijau, dan asparagus.

4. Kepala udang

Ketika Anda makan udang, mayoritas dari Anda pasti hanya memakan bagian tubuhnya saja dan bagian kepalanya dibuang. Bila Anda membuangnya, sama saja Anda membuang nutrisi begitu saja. Sebab, kepala udang mengandung antioksidan astaxanthin 10 kali lebih efektif daripada kandungan yang ada di dalam buah dan sayuran. Cukup digoreng atau dipanggang saja, kepala udang sudah sangat lezat untuk disantap.

5. Daun seledri

Anda mengira daun seledri hanya sekadar dijadikan penyedap lalu Anda membuangnya. Jika itu terjadi, Anda sama saja membuang sumber yang kaya akan vitamin A dan C, serat, dan antioksidan. Selain itu, bagian daun memiliki kandungan magnesium dan kalsium 5 kali lebih banyak daripada bagian batang.

6. Daun brokoli


Daun brokoli yang berwarna hijau ini kaya Vitamin A, C, dan kalsium.

7. Biji melon

Saat membelah melon, di tengah-tengahnya terdapat biji-bijian yang biasa kita singkirkan. Padahal biji ini kaya protein, serat, Vitamin E, dan magnesium seperti diungkapkan Bonci.