Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan

02 Dec 2015


Cokelat sering diidentikkan sebagai makanan yang tidak sehat, padahal cokelat mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk tubuh manusia. Mau tahu apa saja?


Cokelat memiliki rasa manis yang khas, sehingga membuat makanan ini hampir dikonsumsi setiap orang di dunia. Sebagian besar kandungan cokelat, terdiri dari berbagai jenis zat seperti berikut :

  • 14% kandungan karbohidrat.
  • 9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin).
  • 31% lemak.
  • zat-zat lain, seperti  alkanoid (zat yang menyebabkan cokelat terasa pahit).

Sejumlah kandungan zat dalam cokelat yang begitu beragam inilah yang menjadikan cokelat baik dikonsumsi dan juga memberikan dampak baik juga bagi kesehatan.

Meningkatkan sirkulasi darah

Cokelat mengandung senyawa flavonoid yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah berperan untuk melebarkan pembuluh darah di dalam otak. Sehingga dengan mengkonsumsi cokelat bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Mencegah penyakit jantung

Cokelat mengandung senyawa kimia yang juga dapat membantu sistem kardiovaskuler menjadi lebih lancar. Apalagi jika Anda mengkonsumsi dark chocolate, maka bisa mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai cokelat akan terhindar dari resiko penyakit jantung.

Menurunkan kolesterol

Manfaat makan cokelat lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau lemak jahat. Sebaliknya, cokelat justru dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL atau lemak baik dalam tubuh.

Obat anti depresi

Pilihan yang tepat ketika seseorang merasa stres atau depresi adalah dengan mengkonsumsi cokelat. Ya, karena cokelat memiliki kandungan senyawa serotonin yang berperan sebagai anti depresan alami.

Obat hipertensi

Ya, cokelat juga merupakan obat alami untuk menurunkan tekanan darah, bagi Anda yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoid inilah yang berperan sebagai antioksidan yang bersifat menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

Menghambat penuaan dini

Dengan mengkonsumsi cokelat, Anda juga bisa membantu diri Anda untuk membantu menghambat penuaan dini. Seperti mengurangi kerutan di wajah, dengan kandungan antioksidan alaminya.

Namun, jangan pula Anda memakan cokelat secara berlebihan. Konsumsilah sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak kenikmatan cokelatnya saja yang kita rasakan, namun manfaat coklat itu sendiri dapat diperoleh.

Bagi Anda para pecinta cokelat, yuk mampir ke Gerobak Cokelat di Rukan Sinpasa Commercial Blok B No. 26, Summarecon Bekasi. Telp: 021 2957 2265.