Manfaat Donor Darah yang Harus Anda Tahu

17 Feb 2016

  • Tidak ada yang menyangkal bahwa donor darah adalah perbuatan mulia. Tetapi selain itu, donor darah juga baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat donor darah: 

  • Peredaran Darah Lancar

    Darah perlu diperbarui, demi melancarkan tugasnya. Jika Anda rutin melakukan donor darah, maka membantu tubuh untuk memperbarui sel darah. Hal ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyumbatan arteri.

  • Cek Kesehatan

    Saat Anda akan mendonorkan darah, maka darah Anda akan diperiksa, hal ini memastikan darah Anda dalam kondisi baik atau tidak. Karena saat Anda donor darah maka akan dilakukan pemeriksaan kecil misalnya denyut nadi, tekanan darah dan jenis darah.

  • Mencegah Kanker

    Zat besi yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kanker. Untuk itulah saat Anda donor darah maka zat besi dalam tubuh  pun ikut berkurang. Namun tidak perlu khawatir, zat besi akan segera digantikan dengan makanan yang Anda konsumsi.

  • Donor Darah untuk Program Diet

    Tahukah Anda selain untuk kegiatan amal, ternyata donor darah juga baik untuk menurunkan lemak dalam tubuh. Saat Anda donor darah hal itu setara dengan membakar 650 kalori dalam tubuh.

  • Tubuh Lebih Sehat

    Dengan rutin donor darah maka akan membantu tubuh menjadi lebih sehat. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang melakukan donor darah terbukti menambah umur mereka 4 tahun lebih lama dibanding mereka yang tidak pernah donor.

Jadi, tidak perlu takut untuk donor darah. Selain menyehatkan juga sebagai wujud beramal. Bukankah memberi tidak akan membuat Anda kekurangan? Jadi, sudah berniat untuk donor darah?



sumber: vemale.com