Manfaat Sehat Buah & Sayuran Berdasarkan Warna

12 Jan 2018

Aneka warna yang menarik pada buah dan sayuran ternyata dapat memberikan informasi tentang kandungan gizi didalamnya. Simak manfaat sehat buah dan sayuran berdasarkan warna berikut ini.

Warna Merah
Buah dan sayuran berwarna merah mengandung lycopene yang membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas yang merusak. Makanan merah sarat dengan antioksidan yang diduga melindungi terhadap penyakit jantung dengan mencegah pembekuan darah dan juga dapat menunda penuaan sel dalam tubuh.

Warna Oranye dan Kuning
Buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning mengandung betakaroten yang berfungsi menghambat penuaan akibat dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, betakaroten dapat diubah tubuh menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

Warna Hijau
Buah dan sayuran berwarna hijau sebagian besar merupakan klorofil yang terkandung didalamnya. Klorofil dikenal bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker, meningkatkan kualitas serta jumlah sel darah merah dalam tubuh juga dapat membersihkan racun dalam tubuh.

Warna Biru dan Ungu
Buah dan sayuran berwarna gelap ini merupakan sumber antioksidan kuat yang berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh, sumber zat besi serta meningkatkan sel darah merah dan putih.

Warna Putih
Buah dan sayuran berwarna putih mengandung serat yang tinggi untuk mencegah sembelit. Selain itu, terdapat kandungan zat allicin dan indoles yang dapat menurunkan resiko terkena hipertensi dan kolestrol.

Tersedia beragam buah dan sayuran segar yang tersedia setiap hari di Pasar Modern Sinpasa Blok G-51, G-52, G-089 dan G-112, Summarecon Bekasi.