Membaca Kode Ban Kendaraan

22 Aug 2016

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui cara tepat untuk membaca kode ukuran ban mobil. Padahal, ada beberapa fungsi yang sangat penting terkait dengan keterangan tersebut.

Pemahaman mengenai kode ukuran ban ini tentu sangat penting, mengingat keterangan tersebut ternyata memiliki arti di setiap angka dan huruf yang tertera.

Berdasarkan panduan Tire Safety yang dikeluarkan PT Bridgestone Tire Indonesia, kode ukuran ban biasanya terdiri dari tiga angka di depan, yang dibatasi garis miring dengan keterangan dua angka selanjutnya, lalu satu huruf besar, disusul dengan dua angka, lalu ada dua angka terpisah beserta satu huruf di belakangnya.

Untuk tiga angka di depan, memberikan keterangan lebar ban dengan ukuran milimeter (mm), lalu dua angka selanjutnya memberikan keterangan aspek rasio. Sedangkan huruf besar setelahnya memberikan keterangan konstruksi radial.

Dua angka selanjutnya merupakan keterangan diameter pelek (inch), lalu dua angka di belakang adalah simbol indeks beban dan huruf terakhir adalah simbol kecepatan atau batas kecepatan maksimal yang bisa ditempuh ban agar lebih aman.

Sedangkan keterangan huruf yang berbeda pada belakang ban untuk mengetahui batas kecepatan maksimal aman yang bisa ditempuh mobil.

Simbol Q menunjukan batas kecepatan maksimal yang bisa ditempuh 160 KM/ jam, lalu S 180 KM/ jam, H 210 KM/ jam sedangkan V 240 KM/ jam.


Bagi Anda yang ingin mencari onderdil kendaraan, aksesoris kendaraan, sound system, spooring & balancing, ganti oli dan servis kendaraan lainnya, langsung datang saja ke Sentra Otomotif AXC (Auto eXhibition Center) di Summarecon Bekasi!


sumber