Menabung Sampah Bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia

27 Dec 2017

Tahukan Anda, menurut penelitian dibutuhkan waktu 1 milenium atau 1000 tahun untuk mengurai sampah plastik di tanah? Jadi, masih mau buang botol plastik sembarangan? Lebih baik sumbangkan ke Bank Sampah terdekat!

Grafik kerusakan alam mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya. Salah satu permasalahannya adalah disebabkan karena banyaknya sampai yang sulit terurai seperti plastik. Karenanya, kian banyak gerakan peduli lingkungan dengan berbagai program mereka. Salah satunya yaitu dengan sistem 3R atau reuse, reduce, dan recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia merupakan salah satu yayasan yang berkomitmen untuk terus bergerak membantu pelestarian alam dan melindunginya dari kerusakan. Lewat program Bank Sampah atau Menabung Sampah, Yayasan Buddha Tzu Chi mengajak masyarakat untuk menyumbangkan sampah plastik mereka yang nantinya akan diolah menjadi barang berguna lainnya, seperti frame, gantungan kunci, aksesori, hiasan, keranjang dan lainnya. Program ini sukses dilakukan di Summarecon Serpong, Summarecon Kelapa Gading serta Summarecon Bekasi, dan tentunya membantu mengedukasi masyarakat tentang manfaat dari pemilahan sampah, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dalam diri anak-anak terhadap sampah dan permasalahan yang ditimbulkannya. Ingin berpartisipasi dalam gerakan ini? Kunjungi website www.tzuchi.or.id . Saatnya bergerak bersama menyelamatkan lingkungan!