Menata Meja Makan Untuk Makan Malam Resmi

24 Nov 2015

Jika Anda berencana membuat pesta makan malam besar bersama client Anda atau kedatangan tamu penting dirumah, menata meja akan menjadi hal yang sedikit sulit dilakukan. Untuk menata meja dengan baik, Anda harus tahu di mana tempat meletakkan piring, sendok, garpu dan gelas, sehingga Anda akan siap untuk mengatakan "Selamat makan" dengan segera. Ikuti langkah-langkah berikut:

1.  Letakkan alas piring. Letakkan satu alas piring di depan setiap kursi untuk setiap tamu Anda.

Untuk acara makan malam resmi, Anda sebaiknya memiliki alas piring dengan motif dan warna yang sama bagi semua tamu, alas piring ini juga harus cocok dengan taplak meja Anda.

2.  Letakkan serbet di sisi kiri alas piring. Lipat serbet menjadi dua atau empat bagian, tergantung pada lebar serbet. Serbet idealnya juga harus terbuat dari kain

Anda juga bisa melipat serbet Anda di sisi kiri garpu setelah Anda meletakkannya.

3.  Letakkan piring di bagian tengah alas piring. Piring ini harus menutupi sisi kanan serbet. Jika Anda ingin suasana yang lebih mewah, gunakanlah piring keramik.

4.  Letakkan garpu makan dan garpu salad di atas serbet. Garpu makan harus sangat dekat dengan piring tanpa menyentuhnya, dan garpu salad harus satu sentimeter di sisi kiri garpu makan. Ujung gigi garpu harus mengarah ke tengah meja makan.

Jika Anda lupa di mana harus meletakkan garpu, pikirkan apa yang akan Anda makan lebih dulu. Anda akan makan salad terlebih dulu, dan Anda akan makan dari luar ke dalam, menggunakan alat makan dari kiri ke kanan, sehingga sendok salad harus berada di sisi kiri garpu makan.

Ingat bahwa Anda makan dengan menggunakan peralatan makan dari luar ke dalam, di mulai dengan yang paling luar dan semakin mendekati piring hingga akhir makanan.

5.  Letakkan pisau di sisi kanan piring. Sisi tajam pisau harus dihadapkan ke arah piring.

Jika Anda bingung di mana harus meletakkan pisau dan garpu, bayangkan cara makan orang yang menggunakan tangan kanan. Jika Anda duduk dan membayangkan gerakannya, Anda akan tahu bahwa Anda mengambil garpu dengan tangan kiri dan pisau dengan tangan kakan. Sehingga di sanalah Anda seharusnya meletakkannya.

6.  Letakkan sendok teh di sisi kiri pisau. Sendok teh akan digunakan untuk mengaduk kopi atau teh di akhir makan.

7.  Letakkan sendok sup di sisi kanan sendok teh. Letakkan sendok sup, jika Anda akan menyediakan sup, sehingga alat makan ini akan menjadi yang pertama Anda gunakan.

Perhatikan bahwa di dalam beberapa suasana tradisional, sendok sup lebih besar ukurannya dari sendok teh.

8.  Letakkan gelas anggur di ujung kanan alas piring. Untuk menambahkan gelas ekstra untuk air, letakkan di atas, di sebelah kiri gelas anggur. Ujung pisau harus mengarah ke gelas air.

9.  Tambahkan piring ekstra dan peralatan lain yang mungkin Anda perlukan. Anda mungkin perlu menambahkan piring dan peralatan berikut ini:

Piring dan pisau roti. Letakkan piring kecil ini sekitar 12 cm di atas garpu. Letakkan pisau kecil secara horizontal di atas piring, dengan sisi tajam mengarah ke kiri.

Sendok dan garpu untuk makanan penutup. Letakkan sendok dan garpu makanan penutup secara horizontal beberapa sentimeter di atas piring, dengan sendok di atas garpu menghadap ke kiri dan garpu menghadap ke kanan.

Cangkir kopi. Letakkan cangkir kopi di atas alas cangkir beberapa sentimeter di atas peralatan yang paling luar di sisi kiri dan beberapa sentimeter di sebelah kirinya.

Gelas anggur putih dan merah. Jika Anda memiliki dua gelas yang berbeda, maka gelas untuk anggur putih harus diletakkan lebih dekat ke tamu Anda, dan anggur merah akan sedikit berada di atas, di sisi kiri gelas untuk anggur putih. Anda akan mengingat urutan ini karena tamu Anda akan minum anggur merah terlebih dahulu.