Monochrome: Ruangan Bernuansa Hitam dan Putih yang Simple

15 Apr 2016

Hitam dan Putih bak dua sejoli yang tidak dapat dipisahkan. Kedua warna yang selalu dipasangkan ini mempunyai daya tarik tersendiri, yaitu kesan simple yang didapat dari penggabungan kedua warna yang cenderung elegan dan juga maskulin. Warna yang sering dijadikan representasi dari kehidupan ini dapat diterapkan pada interior rumah Anda. Namun, banyak yang beranggapan mewarnai interior dengan warna monochrome saja akan terlihat bosan dan tidak ceria. Tentu saja tidak. Warna monochrome akan menciptakan kesan simple dan dapat menyegarkan mata si penghuni rumah. Lalu, adakah cara agar warna monochrome tidak terlihat membosankan?Ini dia serba-serbi membuat warna hitam dan putih tidak terlihat membosankan di interior Anda.

Memadukan warna monochrome dengan warna lainnya adalah salah satu cara yang dapat dilakukan agar tidak terlihat membosankan. Contohnya, memadukan monochrome dengan warna emas agar mendapatkan kesan mewah bagi Anda yang mendambakan kemewahan di rumah.

Sentuhan warna emas yang kontras dipadukan dengan hitam menambah efek dramatis sebuah ruangan dan akan meninggalkan kesan glamour dan klasik dalam rumah. Warna emas juga membuat ruangan menjadi lebih hidup dan terkesan mewah.

  

Selain memadukan warna monochrome dan emas, Anda bisa menambahkan sesuatu yang simple dan natural. Hal ini cukup dengan menambahkan tanaman hidup di dalam ruangan agar tercipta kesan segar, simple, dan tentunya mencukupi kebutuhan oksigen.

Jika Anda ingin bermain dengan warna, dapat juga dengan menggabungkan monochrome dengan warna seperti merah maroon atau dark pink. Dengan begitu, Anda dapat menambah keindahan interior tanpa harus menghilangkan kesan simple dan elegan. Warna maroon memberikan kesan playful tanpa menghilangkan sisi elegan dan simple dari warna monochrome.

Monochrome tidak melulu warna hitam dan putih, namun menggunakan warna abu-abu sebagai variasi warna denga sentuhan yang fresh.

Bermain dengan furniture, tekstur, dan hiasan dinding

Tekstur mempunyai peran penting dalam mendekorasi interior monochrome. Penambahan aksen kayu yang bertekstur dapat membuat kesan casual atau santai pada ruangan. Biasanya akan lebih cocok jika menempatkan kesan casual pada ruangan makan agar membantu terciptanya suasana akrab. Dapat juga dengan menggunakan ubin atau tile dengan pattern sebagai inspirasi dalam mendekorasi ruangan dengan warna monochrome. Selain memainkan pattern dan tekstur, penggunaan furniture yang unik dapat menjadi bagian dekorasi ruangan monochrome. Furnitur dengan gaya mid-century modern dapat diaplikasikan ke dalam ruangan Anda.

Dengan kursi seperti ini, ruangan akan terlihat lebih menarik dan berkarakter, tanpa harus menghilangkan unsur monochrome.

Selain menambahkan furniture dan tekstur, penggunaan hiasan dinding adalah hal lain yang dapat dieksplor dalam mendekorasi ruangan dengan tema monochrome.

Aksesoris

Selain dengan permainan warna, Anda juga dapat mencoba mendekorasi ruangan monochrome dengan aksesoris rumah yang masih berhubungan dengan tema ruangan. Seperti contohnya menempatkan bantal sofa bermotif chevron dengan warna hitam dan putih.

Jika Anda menginginkan pantry/ dapur dengan tema monochrome, maka Anda dapat meletakkan bunga matahari atau bunga lainnya dengan warna cerah agar tercipta efek splash color dan menambah keindahan dari ruangan itu sendiri.

Lampu gantung sebagai focal point

Penggunaan lampu gantung pada ruangan bertema monochrome menambah kesan mewah dan menjadi focal point yang indah.

Sedikit informasi bagi Anda yang ingin memulai untuk menghias rumah dengan tema monochrome, aksesoris rumah adalah kunci keindahan dari ruangan monochrome. Motif seperti Chevron dan Herringbone adalah dua motif yang sangat sering digunakan untuk tema monochrome namun Anda juga dpat bereksperimen dengan motif yang lainnya.

Bagi Anda yang senang dengan eksperimen dan memadukan konsep, dapat pula mencoba untuk memadukan perabotan dari berbagai tahun atau zaman, sehingga menciptakan gaya eclectic di ruangan monochrome.

Tema monochrome sangat adaptable dan dapat digunakan untuk rumah minimalis dan rumah ukuran yang luas, dan gayanya pun yang dapat disesuaikan baik modern maupun klasik.


Walaupun kebanyakan warna monochrome terkesan maskulin, dengan memainkan warna dan furniture Anda juga dapat menyulap nuansa monochrome terlihat netral maupun feminin. Apakah Anda tertarik untuk membuat nuansa Monochrome dirumah Anda? Silahkan mencoba.

sumber: www.urbanlokal.com