Siapa Bilang Tinggal di Apartement Membosankan?

08 Dec 2015

Komunikasi dan kedekatan satu dengan yang lainnya didalam komunitas manapun bergantung pada partisipasi setiap anggota komunitas itu sendiri. Suasana kekeluargaan akan memberikan satu warna tersendiri dalam hidup Anda. Peluang untuk bersosialisasi di hunian vertikal sebetulnya lebih mudah daripada tinggal di landed house. Sangat menyenangkan tinggal di apartemen karena banyak teman dan kesempatran dalam membangun komunitas di hunian vertikal.

1.  Latih diri Anda dan keluarga untuk bersikap ramah terbuka. Biasakan untuk menjadi pribadi yang suka tersenyum dan peduli ketika bertemu orang lain. Ambil sekiat waktu/detik untuk berhenti dan say hello, menyapa satu dengan lainnya.

2.  Undanglah warga dilingkungan Anda untuk sebulan sekali mengadakan acara pertemuan dengan membawa makanan sendiri untuk share dalam kebersamaan. Manfaatkan area komunal, entertaining space, atau ruang meeting yang disediakan apartement untuk menggelar pertemuan ramah tamah ini secara rutin dan gratis.

3.  Ciptakan facebook page komunitas Anda. Pergunakan media ini untuk saling berkomunikasi satu dengan lainnya, sharing masalah keluarga dan lingkungan. Banyak hal positif diluar gossip yang dapat dikembangkan misalnya mengelola garage sale, kid swimming class, sharing kuliner baru di sekitar lingkungan Anda tinggal, bertukar informasi baby sitter, dsb.

4.  Ciptakan komunal garden, untuk bercocok tanam tanaman hidroponik, taman gantung yang sedang trend, bunga dan apotik hidup. Setiap warga dapat menyumbangkan ide dan terutama para lansia dapat berpartisipasi untuk merawatnya sebagai aktifitas/hobbie yang menyenangkan.

5.  Inspire lingkungan Anda dengan ide-ide baru komunitas seperti garage sale, movie outdoor night, vivid night (pameran seni dan cahaya malam hari) kecil-kecilan.