Tanaman Pot Gantung untuk Halaman Rumah yang Sempit

25 May 2016

Halaman rumah biasanya sering digunakan untuk menanam tanaman, bermain atau sekedar di buat garasi mobil atau sepeda motor. Idealnya, setiap rumah harus memiliki tanaman hijau agar terlihat asri dan indah. Selain itu, guna tanaman yang utama adalah untuk mengatur sirkulasi udara di rumah Anda. Tetapi bagaimana jika Anda mempunyai rumah yang halamannya sempit untuk meletakkan tanaman? Menggunakan tanaman pot gantung solusinya!

Tanaman pot gantung mempunyai keindahan mencolok. Biasanya, rumah memiliki tembok atau dinding halaman yang mulai terkelupas atau catnya mulai pudar. Ini bisa Anda akali dengan membuat tanaman pot gantung. Apalagi jika memang tidak ada tanah lagi yang bisa ditanami di halaman rumah. Anda juga membuat gantungan di plafon halaman rumah.

Memilih tanaman yang pas

Jika Anda berkunjung ke tempat penjual bunga atau tanaman, Anda mungkin akan melihat beberapa pilihan tanaman pot gantung yang sangat banyak. Harganya tentu bervariasi tergantung jenis dari bunganya. Tanaman pot gantung yang pas biasanya adalah berjenis akar serabut dan tahan terhadap sinar matahari. Ada tanaman hias gantung bawang rambat, petunia ungu, portulaka dan kantong semar.

Jenis pot serta gantungannya

Biasanya, jenis pot untuk tanaman pot gantung adalah pot plastik, tanah liat atau bambu yang dibelah. Tetapi, biasanya orang-orang suka dengan pot plastik karena ringan dan awet. Selain itu, pot plastik mudah untuk dilubangi bagian bawahnya, karena tanaman pot gantung butuh lubang drainase yang baik. Sementara penggantungnya bisa dibuat dari kawat, tali plastik atau tali ijuk.

Sekarang saatnya menata pot

Untuk tanaman pot gantung anggrek, Anda cukup meletakkan beberapa arang. Tetapi untuk tanaman pot gantung lain, Anda harus mencampur dengan tanah kebun, pupuk kandang dan humus dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah mencampur semuanya, berikan lapisan ijuk agar tanah tidak terbawa air ketika disiram. Dalam menata tanaman gantung pot, Anda sebaiknya lebih banyak berkreasi dari tempat gantungnya. Untuk bunganya, hampir semua tanaman gantung pot memiliki bunga yang sangat bagus. Jadi, permainan tempat tanaman gantung pot menjadi kunci agar halaman rumah Anda terlihat indah.
Selamat mencoba!