Tips Aman Transaksi dengan Mobile Banking

21 Mar 2016

Sudah bukan rahasia umum lagi jika transaksi perbankan kini jauh lebih mudah dan praktis melalui mobile banking. Bagi Anda yang terlalu sibuk dengan rutinitas namun sangat memerlukan transaksi perbankan yang cepat dan mudah, maka mobile banking menjadi pilihan utama.

Meski begitu, kita tetap perlu berhati-hati mengingat layanan ini tetap memiliki risiko. Misalnya saja, berbeda dengan transaksi lewat ATM menggunakan kartu, ponsel lebih rentan disalahgunakan. Lebih lagi, kalau kita membiarkan fitur mobile banking selalu terbuka untuk alasan praktis. Ini menjadi langkah yang harus diwaspadai sebagai tips agar aman transaksi dengan mobile banking.

Nah, sebelum memanfaatkan fasilitas layanan mobile banking, sebaiknya kita memahami mekanisme dan risiko yang mungkin terjadi. Berdasarkan hasil riset, ada beberapa tips agar aman transaksi dengan mobile banking.

1. Perangkat gadget perlu up-to-date, setidaknya bisa meng-install aplikasi versi terbaru dari layanan mobile banking dari bank yang dipilih.

2. Aktifkan fungsi auto update pada aplikasi mobile banking yang sudah di-install. Jadi kita selalu menggunakan aplikasi versi terbaru pada layanan mobile banking.

3. Wajib memakai aplikasi mobile banking resmi dari bank yang kita pilih atau gunakan. Biasanya aplikasi mobile banking sudah dilengkapi dengan fitur keamanan khusus. Lakukan sign off secara manual guna mencegah tindak kejahatan transaksi perbankan

4. Pilih password yang tidak gampang ditebak. Biasanya di sini letak kelemahan pengguna mobile banking yang memakai password mudah, seperti tanggal lahir.

Meski password harus gampang diingat, tetapi kita harus membuat tingkat kesukaran bagi kejahatan dunia maya. Sekedar contoh, password sebaiknya berupa kombinasi angka dan huruf. Selain itu, pada aplikasi yang berbeda, jangan memakai password yang sama.

5. Sebaiknya jangan bertransaksi mobile banking dengan koneksi internet Wi-Fi. Jika terpaksa harus bertransaksi dengan koneksi Wi-Fi, sebelumnya kita harus sudah memasang aplikasi Virtual Private Network (VPN).

6. lindungi gadget dengan password. Hal ini untuk melindungi data aman, jika gadget hilang.

7. Hati-hati dengan SMS atau email penipuan.

Sumber: Kontan