Tips dan Trik Membersihkan Sofa Kulit

10 Nov 2016

Anda tentu memiliki sofa di rumah, kan? Semakin lama sofa digunakan, maka semakin banyak pula debu dan noda yang muncul hingga menempel di sela-sela sofa tersebut. Biasanya, noda berasal dari tumpahan air, coretan pulpen, dan hal lain yang tak sengaja Anda lakukan. Alhasil noda sangat mengganggu Anda dan membuat sofa terlihat buruk. Nah, dilansir dari laman Balkonie.com, inilah solusi cerdik seputar tips dan trik membersihkan noda di sofa Anda. Yuk, simak! 

Tetapi sebelum Anda mulai membersihkan sofa, pastikan Anda mengetahui jenis sofa yang dimiliki. Mengetahui hal tersebut akan bermanfaat karena sofa dengan bahan berbeda memiliki perawatan yang berbeda pula. Ada jenis sofa yang mudah dilepas (seperti bagian dari sofa atau kain penutup sofa) dan dapat dicuci dengan mesin cuci, namun ada pula yang tidak.

Bersihkan sofa

Pertama-tama, bersihkan sofa Anda dari debu-debu yang membandel. Pastikan Anda telah membersihkan setiap bagian sofa, termasuk sela-sela sofa yang sulit dijangkau dan sering Anda gunakan. Kemudian, gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu-debu yang lebih besar atau untuk menjangkau bagian-bagian yang mudah dijangkau dari sofa tersebut.

Pastikan bagian sofa yang akan Anda bersihkan

Sofa berbahan kulit biasanya hanya memerlukan perhatian semaksimal mungkin. Pastikan bagian mana yang Anda akan bersihkan lebih lanjut, misalnya beberapa bagian saja yang memiliki noda membandel. Kemudian, sebisa mungkin tinggalkan bagian lainnya yang tidak memiliki noda sama sekali. Berkonsentrasilah pada beberapa titik yang memiliki noda tersebut.

Bersihkan sofa dengan kain lembab

Untuk membersihkan bagian sofa yang tidak terlalu kotor, lap dengan menggunakan kain yang lembab dan sedikit air sabun. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan sabun yang tidak terlalu keras. Jika Anda menggunakan bahan sabun yang terlalu keras, hal ini dapat menyebabkan kepudaran pada warna kulit sofa tersebut. Gunakan kain lap yang tidak terlalu basah dan bilaslah kain lap tersebut sesering mungkin. Hindari menggosok sofa dengan keras karena hal ini justru akan membuat sofa menjadi lebih kotor.

Bersihkan sofa dengan dengan larutan cuka dan air

Bila di sofa kulit Anda mulai bermunculan jamur, semprotkanlah bahan pembersih jamur alami, yaitu campuran antara cuka dan air. Semprotkan pada jamur yang muncul di sofa kulit Anda. Namun, Anda hanya perlu menyemprotkan sedikit larutan saja dan lap secara perlahan-lahan agar tidak menyerap di bahan kulit tersebut.

Gunakan produk khusus pembersih sofa kulit

Bila terdapat noda yang membandel pada sofa kulit Anda, sebaiknya Anda membeli produk khusus untuk membersihkan noda tersebut dari sofa Anda. Bacalah cara menggunakan produk tersebut dengan benar. Namun, biasanya produk tersebut digunakan dengan cara digosokan pada sofa secara perlahan dengan menggunakan kain yang lembap. Lap secara perlahan hingga noda-noda tersebut hilang. Terakhir, keringkan sofa yang telah bersih tersebut dengan cara diangin-anginkan.


sumber