Tips Memanaskan Mesin Mobil

24 Dec 2015

Di era saat ini pertumbuhan jumlah kendaraan di Indonesia terus meningkat. Tidak heran apabila kita berpikir setidaknya setiap keluarga memiliki 1 kendaraan yang terparkir di garasinya, apalagi ditambah dengan produksi mobil murah yang semakin meningkatkan minat dari masyarakat. Namun di artikel kali ini akan membahas tentang mesin mobil. Ya, tahukah Anda apabila mesin mobil tidak pernah di panaskan terlebih dahulu berakibat mempercepat keausan komponen mobil? Meskipun dampak yang diakibatkan tak langsung terlihat. Selain dapat mempercepat keausan komponen mobil, kebiasaan Anda tak memanaskan mesin mobil sebelum digunakan juga membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih meningkat. Berikut cara yang tepat untuk mengurangi resiko tersebut:

1.  Memanaskan Mobil Selama Kurang Lebih 5 Menit

Sebelum Anda menancap gas untuk berpergian bersama mobil Anda alangkah baiknya hidupkan mesin selama kurang lebih 5 menit. Kemudian lihatlah jarum indicator suhu mesin yang terpasang pada dasbor mobil. Bila jarum indikator telah memberikan 1/3 maka berarti mobil Anda telah siap. Memanaskan mesin mobil memanglah di perlukan, demi perawatan yang bagus, tetapi bila terlalu lama memanaskan mesin mobil dapat juga mengakibatkan mesin mobil over heating. Jadi cukup hanya 5 menit.

2.  Matikan AC Mobil

Pastikan AC mobil Anda dalam keadaan off. Jika AC mobil dalam keadaan hidup dapat berakibat rusaknya sebagian dari komponen AC. Resiko lain yang mungkin terjadi bisa mengakibatkan kerusakan seluruh komponen AC karena menyalakan AC saat suhu mobil belum dalam situasi normal bisa memperberat kemampuan mesinnya.

3.  Jangan Tekan Pedal Gas

Biasanya pada saat memanaskan mobil Anda sambil menekan pedal gas, padahal dengan perubahan dunia otomotif saat ini, mobil yang beredar dikonsumen dilengkapi dengan sistem pembakaran injeksi. Hingga cara memanaskan mesin mobil juga ada perubahannya. Biarkanlah mesin mobil Anda menyala pada keadaan konstan. Anda tak perlu menginjak pedal gas untuk meminimalisir rusaknya komponen mobil. Bila memanglah mesti menginjak pedal gas, injaklah sebelum saat mesin dinyalakan/distarter.

Rawatlah selalu mobil kesayangan Anda. Keep Drive!