Tips Membuat Perjalanan Menjadi Menyenangkan di Dalam Kendaraan

04 May 2016

Perjalanan jauh terkadang menjadi sesuatu yang sangat menjemukan bagi sebagian orang.  Sebenarnya jika kita bisa mengatur dan merencanakan perjalanan kita dengan baik, kita bisa membuat perjalanan kita menjadi lebih menyenangkan.  Tidak hanya untuk diri kita sendiri saja, namun kita bisa membuat perjalanan yang menarik dan mengesankan untuk orang lain yang seperjalanan dengan kita, seperti teman, keluarga, saudara, dan lain sebagainya.  Pulang pergi ke kantor, ke sekolah, mudik ke kampung halaman, ke rumah saudara, tempat rekreasi, dan lain sebagainya semuanya bisa dibuat jadi begitu menyenangkan.

Berbagai Cara Membuat Perjalanan Jadi Menarik, Menyenangkan dan Mengesankan:

1. Membawa Teman

Daripada berkelana sendirian, akan lebih menyenangkan apabila ditemani oleh teman dekat kita.  Selain teman dekat kita pun juga bisa ditemani oleh orang-orang yang dekat dengan diri kita, seperti sepupu, adik, kakak, keponakan, atau bahkan orang tua kita.  Dengan adanya teman berbagi, berbicara, bercerita dan bercanda maka perjalanan kita dapat menjadi menyenangkan.

2. Alat Hiburan

Bawalah alat-alat yang dapat menjadi hiburan untuk diri kita.  Namun usahakan tidak terlalu menarik perhatian para pelaku tindak kriminal seperti penjambret, penodong, pencopet, dan kawan-kawan. Handphone kita pun dapat menjadi sarana untuk menghibur diri kita di dalam perjalanan kita. Akses internet di handphone dapat membuat kita berkelana di dunia maya yang sangat luas sekali. Belum lagi adanya fitur pemutar suara, pemutar video, televisi, jejaring sosial, forum, dan lain sebagainya akan menyemarakkan pilihan hiburan kita.

3. Jalur yang Tepat

Pilihlah jalur yang tidak membuat kita tidak nyaman seperti jalur yang macet, jalur yang pemandangannya tidak menarik, jalur yang banyak penjahatnya, jalur yang berputar-putar, jalur yang monoton, jalur yang jalannya rusak, dan lain sebagainya.  Dengan memilih jalur yang tepat maka perjalanan kita pun akan menjadi lebih menyenangkan.

4. Titik Persinggahan

Berbagai persinggahan menarik yang bisa disinggahi selama dalam perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain merupakan sebuah daya tarik yang tidak dapat kita abaikan begitu saja.  Dengan membuat perencanaan yang baik kita bisa melakukan berbagai persinggahan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada seperti singgah ke tempat rekreasi, restoran, taman, masjid, tempat bersejarah, tempat pusat oleh-oleh, pasar, dan lain sebagainya.  Setidaknya walaupun tidak singgah, minimal kita bisa menikmati pemandangan dari tempat persinggahan tersebut ketika melewatinya.

5. Makanan dan Minuman

Jangan lupa membawa makanan dan minuman ringan selama perjalanan agar ketika kita lapar maupun haus tidak perlu mampir ke warung, toko atau membeli dari pedagang asongan.  Apalagi makanan dan minuman yang dibawa adalah yang memang kita sukai, maka akan membuat perjalanan kita menjadi jauh lebih menyenangkan.  Akan lebih mantap lagi jikalau membawa tempat pendingin dari rumah untuk mendinginkan minuman yang kita bawa.

6. Barang Favorit

Bawa saja benda-benda favorit kita yang bisa membuat kita lupa dengan perjalanan panjang yang membosankan.  Misalnya seperti mainan, bantal, kitab suci, buku, laptop, benda koleksi, dan lain sebagainya.  Namun jangan membawa dalam jumlah yang banyak atau dalam ukuran yang terlalu besar, karena bisa-bisa justru akan membuat kita kerepotan sendiri, baik sebelum, sesudah maupun selama perjalanan berlangsung.

7. Pengecekan Kendaraan

Hilangkan rasa khawatir kita pada kemungkinan rusak atau mogoknya mobil, sepeda motor, atau kendaraan bermotor lainnya secara tiba-tiba di jalan raya dengan cara melakukan pengecekan kendaraan sebelum melakukan perjalanan.  Jika kita menggunakan kendaraan umum, pastikan kita memilih perusahaan angkutan umum yang mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

8. Dokumentasi

Ketika kita mengalami kebosanan atau rasa bete yang hebat kita dapat mencoba mencari cara untuk menghilangkannya dengan salah satu caranya adalah dengan membuat dokumentasi perjalanan yang sedang kita lakukan.  Kita bisa mengambil gambar foto maupun gambar rekaman video dari perjalanan kita.  Suatu saat nanti mungkin kita menikmati hasil dokumentasi yang telah kita buat.

9. Oleh-Oleh dan Cinderamata

Jika kita melewati tempat wisata mungkin kita akan mendapati pedagang asongan yang menjual berbagai macam produk cinderamata atau oleh-oleh.  Barang yang khas tempat tersebuat dapat kita jadikan sebagai oleh-oleh yang nantinya kita berikan ke keluarga, tetangga, teman, dan lain-lain.  Tawarlah harganya sebelum membeli karena ada kemungkinan kalau harganya telah dinaikkan berkali-kali lipat terlebih dahulu oleh sang penjual sebelum ditawarkan kepada kita.

Mudah-mudahan perjalanan anda dapat menjadi lebih menarik, menyenangkan dan mengesankan.  Selamat melakukan perjalanan semoga selamat sampai di tempat tujuan.


sumber