Tips Memilih Velg Mobil

26 Nov 2015

Mengganti velg adalah salah satu cara memodifikasi mobil yang paling umum dilakukan oleh pemiliknya. Cara yang satu ini dapat membuat mobil Anda seakan memiliki tampilan baru yang terlihat lebih sporty. Akan tetapi mengganti velg tidak boleh sembarang pasang, karena ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat Anda memodifikasi mengganti velg mobil Anda. Berikut yang perlu Anda perhatikan ketika memilih velg mobil:

Spesifikasi

Untuk ukuran, velg mobil memiliki satuan ukuran bernama PCD (Pitch Centre Diameter) Satuan ukuran yang ditetapkan berdasarkan jarak antara lubang baut yang satu dengan yang lainnya. Satuan ukuran PCD ini dapat dilihat di spesifikasi yang tertera pada tiap velg. Ada beberapa varian satuan ukur PCD, antara lain seperti 4×100 yang berarti velg dengan 4 lubang baut dengan PCD 100 atau 5×114,3 yang berarti 5 lubang baut dengan PCD 114,3. Untuk mobil tipe MPV dan hatback biasanya PCD 100, mobil tipe SUV 114,3, untuk  Mercedes 112, BMW 120, dan SUV yang besar 139,7. Kemudian selanjutnya adalah Offset yaitu ukuran jarak antar bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting (dudukan/scrupt set) velg pada kaki-kaki mobil. Ukuran offset menentukan jarak keluar atau masuknya bibir luar velg dari fender mobil, ini karena dipengaruhi ketebalan lingkaran tengah bagian dalam velg yang bersinggungan dengan permukaan mounting velg mobil.

Material

Velg modifikasi atau sering disebut aftermarket biasanya terbuat dari jenis logam ringan seperti billet steel, forged alloy, atau magnesium bila dibandingkan dengan velg standard yang umumnya terbuat dari material baja. Dengan memilih velg yang lebih ringan namun berkualitas, maka bobot keseluruhan mobil dapat berkurang  tanpa mengesampingkan daya tahan velg itu sendiri. Dan dengan kaki yang lebih ringan maka beban kerja mesin pun berkurang, yang secara otomatis turut mengurangi konsumsi bahan bakar.

Model

Macam-macam model velg ada yang berbentuk satu bagian (one piece) hingga tiga bagian (three pieces). Namun kedua jenis velg tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Model one piece biasanya lebih tahan lama karena modelnya hadir dalam bentuk utuh. Tetapi, model ini biasanya memiliki bobot lebih berat dan memiliki pilihan motif yang terbatas. Sedangkan model three pieces unggul dalam hal komponen pengganti. Jadi bila salah satu bagian velg rusak, dapat diganti dengan yang baru. Dengan kata lain Anda tidak perlu repot mengganti seluruh roda. Selain itu, velg model three pieces ini memiliki bobot ringan, sehingga dapat mendukung kinerja mesin dan mobil dapat berakselerasi lebih baik. Namun model ini tidak sekokoh model one piece.

Yuk kunjungi AXC Summarecon Bekasi Lokasi