Tips Memilih Warna dan Motif Wallpaper pada Ruang

18 Dec 2015

Motif dan warna dinding suatu interior mempunyai andil yang cukup besar loh dalam menciptakan suasana pada interior tersebut. Oleh karena nya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum memilih wallpaper untuk dipasang.

1. Pemilihan Warna

Pemilihan sebuah warna dapat mempengaruhi perasaan si penghuni terhadap ruangan. Wallpaper  dipasang untuk jangka waktu yang relatif lama oleh karena nya sebaiknya pilihlah wallpaper dengan warna dan motif yang disenangi agar tidak menyesal kelak setelah pemasangan atau bahkan merasa tidak nyaman berlama-lama di ruangan tersebut.

2. Memilih Motif Wallpaper

Permainan motif di sebuah ruang bisa membuat ruang tersebut tampil lebih menarik. Memilih motif terkait dengan tema ruang. Untuk ruang tidur misalnya, hindari penggunaan motif berpola besar dengan bentuk dan warna-warna kontras. Pilih motif kecil-kecil dengan warna lembut dan menenangkan.

3. Jenis wallpaper

Memilih jenis wallpaper penting Anda ketahui, sebab ada wallpaper yang mudah dirawat dan sulit untuk dirawat, maka dari itu sebaiknya hindari pemakaian wallpaper yang sulit dirawat.

4. Luas Ruangan

Sesuaikan pula wallpaper dengan luas ruangan. Untuk memudahkan, berikut adalah panduan pemilihan wallpaper sesuai dengan luas ruangan:

Ruangan dengan plafon rendah
Pilih wallpaper dengan efek meninggikan dengan motif garis vertical, aplikasikan warna plafon dengan warna yang lebih terang daripada dinding sehingga plafon nampak lebih tinggi.

Ruangan sempit dengan plafon tinggi

Pilih wallpaper dengan motif horizontal dan warna terang sehingga menciptakan ruangan dengan kesan panjang dan plafon dengan warna lebih gelap daripada dinding sehingga ruangan akan terasa lebih luas.

Ruang Sempit

Pilih wallpaper dengan warna terang sehingga membuat jarak antara dinding terasa lebih jauh dari sesungguhnya.

Ruang Luas
Pilih wallpaper dengan warna gelap atau hangat, seperti coklat atau biru tua. Kesan yang diciptakan akan membuat ruangan terasa hangat dan nyaman.

Ruang Lebar
Pilih wallpaper untuk dinding kanan-kiri dengan warna gelap dan untuk dinding tengah dengan warna terang sehingga berkesan jarak dinding kanan kiri lebih dekat dan dinding tengah lebih menjauh.

Ruang Memanjang
Pilih wallpaper pada kanan kiri dinding dengan warna terang kombinasikan dengan warna gelap pada dinding tengah dan lantai sehingga ruangan akan berkesan lebih luas.

Bagi Anda yang ingin mencari wallpaper berkualitas dengan harga terjangkau, Anda dapat mengunjungi Sultra Papera Wallpaper, Rukan Sinpasa Blok A No. 23, Summarecon Bekasi.